Cen Sui Lan Desak Menteri PUPR Selesaikan Pembangunan Jalan Nasional Barelang

Cen Sui Lan Desak Menteri PUPR Selesaikan Pembangunan Jalan Nasional Barelang
Anggota Komisi V DPR RI dapil Kepulauan Riau (Kepri), Cen Sui Lan bersama Menteri PUPR Basuki Hadi Mulyono. (Istimewa)

GLOBALKEPRI.COM, Batam - Anggota Komisi V DPR RI dapil Kepulauan Riau (Kepri), Cen Sui Lan mendesak Menteri PUPR Basuki Hadi Mulyono agar menyelesaikan pembangunan jalan nasional di kawasan Jembatan Barelang, Kota Batam.

Politisi Partai Golkar ini menyebut penuntasan pembangunan jalan nasional di Jembatan Barelang itu pada saat Rapat Kerja Komisi V DPR RI dengan Menteri PUPR Basuki Hadi Mulyono, Kamis (9/6/2022) lalu. Raker tersebut membahas Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Kementerian PUPR tahun anggaran 2023. Dan evaluasi kegiatan tahun anggaran 2022.

Pada kesempatan tersebut, Cen Sui Lan langsung meminta kepada Menteri PUPR tentang tindak lanjut pembangunan jalan nasional di Kepri, khususnya jalan nasional di kawasan Jembatan Barelang, Kota Batam.

"Tinggal 3 kilometer saja, itu tidak dikerjakan pada tahun ini. Jalan ini tidak dikerjakan karena ada permasalahan penyerahan aset dengan pemerintah daerah. Tapi tentunya, kita tahu hal-hal seperti itu tidak boleh merugikan masyarakat," kata Cen Sui Lan, Selasa (14/6/2022).

Menurut Cen Sui Lan, persoalan penyerahan aset dari pemerintah daerah itu jangan dijadikan alasan dalam pembangunan jalan dan jangan pula dijadikan alasan bagi PUPR untuk tidak bisa melakukan intervensi pembangunan jalan tersebut.

"Kan, jalan nasional yang tersisa 3 kilometer di Jembatan Barelang itu, sudah disurvei oleh Pak Akhmad Cahyadi Direktur Preservasi Jalan Dijen Bina Marga Kementerian PUPR, sekitar Maret lalu, tolong ditindaklanjuti. Karena kita tahu, jalan itu untuk kepentingan masyarakat. Kita desak agar Menteri PUPR membangunan jalan nasional di Jembatan Barelang, Kota Batam tersebut," tegasnya.

Cen Sui Lan juga mengingatkan Kementerian PUPR agar mengalokasikan anggaran untuk pembangunan jalan di wilayah Kepri.

"Saya tidak ingin melihat tak ada anggaran apapun untuk jalan di Kepri. Jalan di Kepri itu ruas jalan nasionalnya paling pendek dibandingkan provinsi lain," ungkapnya.

Selain mendesak agar pembangunan jalan nasional di Jembatan Barelang, Cen Sui Lan juga sudah berulang kali meminta peningkatan status jalan di kabupaten yang ada di Kepri, agar ditingkatkan menjadi jalan nasional.

"Tapi, ini tak pernah terlaksana. Kita sudah minta tolong agar diperhatikan hal ini kepada Pak Menteri PUPR," tutupnya.

#Kepri

Index

Berita Lainnya

Index