Batam Dapat Bantuan 350 Unit Lampu PJU Tenaga Surya dari Kementerian ESDM

Batam Dapat Bantuan 350 Unit Lampu PJU Tenaga Surya dari Kementerian ESDM
Lampu PJU Tenaga Surya

GLOBALKEPRI.COM. BATAM - Kota Batam mendapat bantuan 350 unit lampu penerangan jalan umum (PJU) tenaga surya. Bantuan yang berasal dari Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI ini merupakan aspirasi dari Anggota DPR RI Dapil Kepulauan Riau, Asman Abnur.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengatakan Kota Batam membutuhkan 5 ribu titik PJU permukiman. Maka dari serah terima 350 titik PJU tenaga surya tersebut menjadi salah satu upaya membantu memenuhi kebutuhan PJU di Batam. 
“Alhamdulillah, Pak Asman membantu 350 titik, yang model-model begini harus kita kejar. APBD kan terbatas,” ujar Amsakar saat ditemui di Gedung DPRD Batam, Kamis (21/7/2022).

Ia menjelaskan berbagai keuntungan dengan pemakaian PJU tenaga surya, yang pertama saat ini perkembangan dunia sudah beralih dari energi fosil ke energi baru terbarukan (EBT), yang kedua EBT salah satunya dari tenaga surya jauh lebih efisien.

“Jadi belanja yang akan dibayarkan oleh masyarakat berkurang, dan kegunaan yang ketiga yaitu meminimalisiri penggunaan BBM yang sekarang harus mulai dikurangi,” katanya.

Mengenai sebaran 350 titik PJU tenaga surya, Amsakar menyebutkan bahwa PJU tersebut tersebar di seluruh wilayah Batam, baik itu di hinterland maupun di mainland.

“Ada di Belakangpadang, Bulang, Tiban dan seterusnya tersebuta di Batam,” kata Dia.

Untuk mengejar kebutuhan 5 ribu PJU, Amsakar mengatakan bahwa masih ada kesempatan penambahan melalui Asman Abnur. Diperkirakan pada tahun depan akan ada pengadaan 1.000 titik PJU tenaga surya.

“Pak Asman saat serah terima itu sampaikan di depan Direktur Jenderal EBT, bahwa tahun depan ada penambahan, mudah-mudahan bisa terealisasikan,” ucapnya.
 

#Kepri

Index

Berita Lainnya

Index