Dewi Ansar Ajak Lansia di Kepri Tetap Aktif, Semangat dan Bergembira

Dewi Ansar Ajak Lansia di Kepri Tetap Aktif, Semangat dan Bergembira
Ketua TP-PKK Kepri, Dewi Kumalasari Ansar, saat menyerahkan alat bantu berupa kursi roda, kaca mata baca dan alat bantu jalan kepada para Lanjut Usia (Lansia) di Kantor Kecamatan Toapaya, Bintan, Kamis (18/8/2022).

GLOBALKEPRI.COM. Bintan - Ketua TP-PKK Provinsi Kepulauan Riau, Hj Dewi Kumalasari Ansar bersama Kepala Dinas Sosial Provinsi Kepri, Eko Sumbaryadi menyerahkan 100 bingkisan dan alat bantu berupa kursi roda, kaca mata baca dan alat bantu jalan kepada para Lanjut Usia (Lansia) di Kantor Kecamatan Toapaya, Bintan, Kamis (18/8/2022).

Penyerahan bingkisan dan alat bantu ini untuk Memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-26 tahun 2022.

"Bantuan ini diharapkan dapat bermanfaat untuk menunjang aktivitas kehidupan sehari-hari dengan baik serta memberikan semangat bagi para lanjut usia," kata Dewi Ansar, demikian dikutip laman Diskominfo Kepri.

Dewi Ansar menjelaskan, tujuan dengan diberikan bantuan ini selain berbagi kepada para lansia, supaya generasi muda dapat merasakan apa yang dirasakan oleh para lansia yang hidup dengan serba keterbatasan. "Kepada generasi muda Indonesia khususnya generasi muda Provinsi Kepri mari kita berkomitmen untuk melaksanakan salah satu nilai dalam bangsa Indonesia, yang muda harus menghormati yang tua dan yang tua mencintai yang muda," pesan Dewi Ansar.

Kemudian, Dewi Ansar menyampaikan tiap tanggal 18 Agustus bangsa Indonesia memperingati Hari Lanjut Usia Nasional, dimana Pemprov Kepri pada hari lansia tahun 2022 ini mengusung tema 'Lansia Sehat, Indonesia Kuat'.

"Tema ini dimaknai bahwa lansia yang sehat maka produktivitasnya akan meningkat sehingga Kesejahteraan pun meningkat menuju Indonesia yang kuat," ujarnya.

Ketua Komisi IV DPRD Kepri ini mengajak para lansia di Provinsi Kepri untuk tetap semangat dan bergembira. Meskipun secara fisik sudah tidak muda lagi. Ia pun menghimbau agar momen ini harus dijadikan ruang bersilaturahmi dan refreshing bagi lansia sekalian.

"Baiknya kita terus memiliki aktivitas. Sehingga kesehatan bisa tetap terjaga, meskipun di usia yang sudah tak muda lagi. Ibu/bapak yang telah lanjut usia ini, harus terus semangat dan terus memberikan manfaat bagi lingkungan disekitarnya," ucapnya.

Selanjutnya, Dewi Ansar mengatakan Pemprov Kepri mempunyai komitmen yang tinggi terhadap kesejahteraan sosial lansia. Hal ini tercermin dengan diterbitkannya berbagai peraturan perundangan-undangan penanganan lansia yang cukup memadai sebagai landasan dan pedoman bagi penyelenggaraan kesejahteraan lansia di Indonesia khususnya Provinsi Kepri.

"Dengan terbitnya peraturan perundang-undangan tersebut tentunya sebagai salah satu wujud upaya Pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan sosial lansia di Provinsi Kepri," tutur Politisi Golkar itu.

Sementara itu, Eko Sumbaryadi mengatakan, Pemprov Kepri menyadari dengan keterbatasan waktu dan keadaan saat ini, masih banyak para lansia yang tidak bisa ikut serta pada acara ini. "Namun dengan adanya peringatan hari lansia ini diharapkan menjadi momentum bagi para lansia untuk menyerukan pada generasi muda Indonesia, bahwa menjaga kesehatan sejak dini merupakan investasi yang berharga sehingga pada saatnya nanti setiap individu dapat menjadi lanjut usia yang aktif, mandiri dan produktif," harapnya.

Eko pun menyampaikan pentingnya kepedulian terhadap sesama terutama lansia. Menurutnya alasan pentingnya peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ini banyak sekali lansia yang terlantar dan ditelantarkan.

"Saya menggugah kepada semuanya untuk mengingat bahwa suatu saat nanti kita pun akan ada masanya menjadi tua," tutup Eko.
 

#Kepri

Index

Berita Lainnya

Index