Jakarta Butuh Sosok Pemimpin 'Out of The Box' Seperti Bahtiar untuk Ditunjuk sebagai Penjabat Gubernur

Jakarta Butuh Sosok Pemimpin 'Out of The Box' Seperti Bahtiar untuk Ditunjuk sebagai Penjabat Gubernur
Senator Jimly Assidiqie, Anggota DPD RI asal Provinsi DKI Jakarta

GLOBALKEPRI.COM. JAKARTA - Pakar Hukum Tata Negara Prof Dr Jimly Assiddiqie, SH mengatakan, Dirjen Politik dan Pemerintahan (Polpum) Kemendagri Bahtiar sebagai calon Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta memiliki rekam jejak kemampuan komunikasi publik yang baik.

Juga bisa mengharmonikan dengan seluruh pemangku kepentingan di DKI Jakarta dan pemerintah pusat, karena memiliki latar belakang sebagai Eselon I di Kemendagri.

Menurut Jimly, Bahtiar sudah punya rekam jejak di Kemendagri dengan berbagai posisi strategis mengurus bidang kebangsaan, ketahanan seni budaya .

"Pak Bahtiar juga sangat memahami mengurus daerah, mempunyai jaringan yang luas dengan lintas tokoh masyarakat, akademisi, intelektual, seniman, budayawan, pekerja seni, ormas, penggiat lingkungan dan media," kata Jimly, Minggu (18/9/2022).

Karena itu, kata Anggota DPD RI asal Provinsi DKI Jakarta ini, Bahtiar merupakan pilihan tepat, adil dan netral untuk mempersiapkan Jakarta sebagai Daerah Khusus Ekonomi.

"Jadi PJ Gubernur DKI Jakarta itu membutuhkan sosok pemimpin 'out of the box' dengan kompetensi dan paham alur pemerintahan seperti Pak Bahtiar," ujarnya. .

Ketua DKPP 2012-2017 ini menegaskan, Bahtiar sebagai Dirjen Polpum Kemendagri saat ini sudah malang melintang mengurus partai politik dan pemilu.

"Dengan posisi strategis itu, akan mudah untuk melaksanakan kebijakan sebagai PJ Gubernur sesuai dengan kewenangannya sebagai penjabat kepala daerah sesuai ketentuan perundang undangan," tegasnya.

Ketua Mahkamah Konstitusi Periode 2003-2008 berharap agar usulan DPRD DKI yang memilih Bahtiar dapat dilanjutkan Mendagri Tito Karnavian ke Presiden Joko Widodo agar ditetapkan sebagai Penjabat Gubernur DKI Jakarta.

"Mengusulkan Bahtiarnsebagai Penjabat Gubernur DKI Jakarta kepada Presiden melalui Mendagri merupakan langkah tepat, adil dan netral sehingga lebih mudah diterima semua pihak," katanya.

Sehingga PJ DKI Jakarta yang terpilih nantinya bisa bisa lansung bekerja sesuai kewenangan dan otoritas yang dimiliki untuk percepatan tata laksana pemerintahan dan pembangunan Jakarta.

"Meskipun statusnya sebagai Penjabat Gubernur dapat lebih cepat memberi solusi aspirasi rakyat DKI Jakarta," kata Senator asal DKI Jakarta ini.

#Politik

Index

Berita Lainnya

Index