Dekranasda Bintan Kunjungi Sentra Tenun di Bumi Mutiara Lombok NTB

Dekranasda Bintan Kunjungi Sentra Tenun di Bumi Mutiara Lombok NTB
Kunjungan Dekranasda Bintan ke Lombok Barat, NTB

GLOBALKEPRI.COM. BINTAN -  - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bintan, Hafizha Rahmadhani, didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Bintan Elyza Riani mengunjungi Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kunjungan tersebut bertujuan untuk melakukan studi kerajinan tenun, sekaligus belajar teknik pengemasan dan pemasaran mutiara Lombok yang sangat terkenal.

Hafizha berkesempatan melihat langsung sentra tenun di Dusun Panarukan Daye. Menyaksikan para pengrajin sedang menenun beberapa motif khas Lombok, yang dijadikan sebagai sarung maupun bahan dasar pembuatan pakaian.

Dipandu langsung oleh Ketua Dekranasda Lombok Barat Hj. Khaeratun Fauzan Halid, Hafizha berbincang dengan beberapa pengrajin, untuk melihat peluang dan yang bisa dibawa dan diimplementasikan di Bintan.

"Alhamdulillah kita berkesempatan ke sini. Memang tujuan studi, kita ingin lihat langsung seperti apa prosesnya, bagaimana pengemasan sampai pemasarannya. Kita ingin adaptasikan di Bintan," kata Hafizha, Rabu (7/12/2022).

Setelah beberapa waktu lalu mengunjungi Balai Diklat Industri (BDI) Padang dan Sentra Industri Pandai Sikek, Hafizha yakin SDM di Bintan, juga mampu menciptakan sentra tenun dengan motif khas Bintan, asal dibina dan terus mendapatkan pendampingan.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bintan Asy Syukri, yang juga menjadi bagian dari rombongan turut optimis bahwa SDM Bintan miliki potensi di sektor ini.

"SDM Bintan sudah bisa, asal ada kemauan, belajar dan terus belajar. Tidak bisa secepat kilat pastinya, yang jelas butuh proses kemudian baru bisa ada hasilnya," katanya.

#Kepri

Index

Berita Lainnya

Index