Jokowi Perkirakan Stok Beras di Dearah Bakal Melimpah pada Maret 2023

Jokowi Perkirakan Stok Beras di Dearah Bakal Melimpah pada Maret 2023
Presiden Joko Widodo (Foto: Sekretariat Presiden)

GLOBALKEPRI.COM. JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengatakan persediaan beras di sejumlah daerah Indonesia bakal melimpah pada Maret 2023. Proyeksi tersebut mengingat panen raya akan terjadi pada akhir bulan Februari hingga awal Maret.

"Mungkin secara nasional di Februari mungkin 1 jutaan (hektare), mungkin nanti di bulan Maret 1,9-an (juta hektare). Kira-kira itu, sehingga kalau produksi dari petani, dari panen ada artinya stok melimpah," kata Jokowi dalam keterangannya, Sabtu (18/2/2023).

Dia menyampaikan itu saat mengunjungi Pasar Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (18/2/2023). Ia menyebut harga beras di pasaran sudah cukup baik dengan kisaran harga Rp9.000 per kilogram.

Selain beras, Jokowi juga mengecek harga bahan-bahan pangan lainnya seperti minyak goreng dan telur.

"Saya lihat sudah dan harganya baik [beras], tadi Rp44.000 untuk 5 kilogram. Artinya, harga di bawah Rp9.000. Tadi kita lihat semua warung ada semuanya dan melimpah di sini," kata dia.

Mengenai harga minyak goreng, Jokowi menyebut stok minyak goreng di Pasar Wonokromo cukup banyak dengan harga Rp14 ribu per liter. Kemudian untuk telur dan bawang merah, ia menyampaikan harganya juga turun meski tidak signifikan.

Jokowi berharap stabilitas harga pangan di daerah dapat terus dipertahankan, sehingga inflasi baik di daerah maupun nasional secara keseluruhan dapat dikendalikan dengan baik.

"Jangan sampai nanti kayak beras, sebulan yang lalu mengerek inflasi yang sangat tinggi di seluruh Tanah Air, bukan hanya di Jawa Timur saja. Tapi sekarang sejak lima hari yang lalu karena operasi beras dari Bulog sudah mulai turun, meskipun belum semua daerah," ujar Jokowi.
 

#Nasional

Index

Berita Lainnya

Index