Jumlah Pemudik Lebaran 2023 Diprediksi Capai 123 Juta Orang

Jumlah Pemudik Lebaran 2023 Diprediksi Capai 123 Juta Orang
Ilustrasi mudik lebaran.

GLOBALKEPRI.COM. JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut 123 juta orang bakal melakukan perjalanan mudik Lebaran 2023. Jumlah itu sesuai dengan riset yang dilakukan Kemenhub menjelang arus mudik 2023.

Setiap tahun, Kemenhub melakukan riset untuk mengetahui jumlah pemudik yang akan melakukan perjalanan mudik. Budi menyebut hasil riset itu menunjukkan kenaikan signifikan jumlah pemudik dibanding tahun lalu.

"Setiap pelaksanaan mudik, Kementerian Perhubungan melakukan riset. Riset yang kita lakukan jumlah sekarang ini naik signifikan dari 85 juta naik menjadi 123 juta (pemudik)," ujar Budi Karya Sumadi usai melakukan tinjauan di Pelabuhan Merak, Sabtu (11/3/2023).

123 juta pemudik menurut hasil riset Kemenhub mayoritas menggunakan mobil pribadi dan sepeda motor. Untuk itu, Kemenhub koordinasi dengan beberapa stakeholders untuk mengantisipasi lonjakan pemudik Lebaran 2023.

"Dari 123 juta itu didominasi oleh angkutan darat, roda 4 dan roda 2. Untuk roda 4 sekarang ini kita koordinasi dengan Pak Gubernur, Korlantas, dan BUMN. Insyaallah apa yang dilakukan di sini jauh lebih baik dari tahun lalu," ujarnya.

Pemudik sepeda motor diprediksi masih mendominasi angkutan mudik tahun ini. Budi mengimbau agar pemudik sepeda motor mengurungkan niatnya untuk mudik menggunakan sepeda motor lantaran rawan kecelakaan.

"Tetapi angkutan kedua dengan menggunakan sepeda motor dengan kerendahan hati saya menghimbau kepada saudara-saudaraku, tidak menggunakan motor untuk mudik. Karena menggunakan motor berbanding lurus dengan tingkat kecelakaan yang ada," ujarnya.
 

#Nasional

Index

Berita Lainnya

Index