Panglima TNI Ganti Komandan Jenderal Kopassus

Panglima TNI Ganti Komandan Jenderal Kopassus
Mayjen Iwan Setiawan

GLOBALKEPRI.COM.JAKARTA- Mayjen TNI Iwan Setiawan akan melepaskan jabatan Komandan Jenderal (Danjen) Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Dia dipromosikan menjadi Panglima Kodam (Pangdam) XII/Tanjungpura.

Akan menjabat sebagai Pangdam Tanjungpura, Iwan Setiawan menggantikan Mayjen TNI Sulaiman Agusto yang kini menjadi Pa Sahli Tk. III Kasad Bid. Ekkudag.

Sementara, jabatan Danjen Kopassus diemban Brigjen TNI Deddy Suryadi. Deddy sebelumnya menjabat sebagai Kasdam IV/Diponegoro.

Promosi dan mutasi jabatan ini tercata dalam Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/338/III/2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI. Ada sebanyak 219 perwira TNI yang menjalani mutasi.

Surat Keputusan itu diterbitkan di Jakarta pada Rabu (29/3) dan ditandatangani Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. Mutasi perwira itu terjadi di 3 matra yaitu TNI AD, TNI AL, dan TNI AU.

Selain itu, Panglima TNI melakukan mutasi Pangdivif 2 Kostrad dari Mayjen Syafrial kepada Mayjen Haryanto. Syafrial akan menjabat sebagai Kepala Staf (Kas) Kostrad, sedangkan Haryanto sebelumnya menjabat sebagai Pa Sahli Tk. III Kasad Bid Jahpers.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengangkat Laksma TNI Julius Widjojono menjadi Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI. Julius sebelumnya menjabat Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal).

Jabatan Kapuspen TNI sebelumnya diisi Laksda Kisdiyanto yang kini dipromosikan menjadi Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Politik Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas).

Sementara, jabatan Kadispenal yang ditinggalkan Julius diisi oleh Kolonel Laut (P) I Made Wira Hady Arsanta. Wira sebelumnya menjabat Kaopsjar Sekoal.

Sementara Mayjen Nissa Yani yang sebelumnya menjabat Aslog Panglima TNI dipromosikan menjadi Staf Khusus Kasad. Jabatan Aslog Panglima TNI akan dijabat Brigjen TNI Yustinus Agus Peristiwanto yang sebelumnya menjabat Kapusada TNI.

Marsda Jemi Trisonjaya yang menjabat Wakil Kepala (Waka) Badan Intelijen Strategis (Bais) TNI dipromosikan menjadi Koorsahli Kasau. Jabatan Waka Bais TNI diisi Marsda M Tawakal S Sidik yang sebelumnya menjabat Sekretaris Bais TNI. (detikcom)

 

#Nasional

Index

Berita Lainnya

Index