Gunung Semeru Muntahkan Awan Panas Guguran Sejauh 1,5 Kilometer

Gunung Semeru Muntahkan Awan Panas Guguran Sejauh 1,5 Kilometer

GLOBALKEPRI.COM. JAKARTA - Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mengeluarkan Awan Panas Guguran (APG) pada Sabtu (13/5). Secara visual, asap mengepul terlihat di jalur lava.

APG terlihat tebal berwarna putih kelabu meluncur dari ujung lidah lava mengarah ke tenggara. Berdasarkan informasi dari Pos Pantau PVMBG, APG tersebut berlangsung selama 157 detik dengan jarak luncur 1,5 kilometer.
Atas peningkatan aktivitas itu, Kepala Pelaksana BPBD Lumajang, Patria Dwi Hastiadi meminta masyarakat untuk tidak panik. Pasalnya, APG yang terjadi kini sudah selesai dan aktivitas Gunung Api kembali terkendali.

“APG yang terjadi 2 menit 37 detik dengan jarak 1.500 meter dari puncak. Artinya ini masih jarak aman. Yang penting masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaan,” jelasnya.
Menurutnya, hingga kini status Gunung Semeru masih pada level III (Siaga). Maka dari itu, pihaknya meminta agar masyarakat di sekitar lereng Gunung tetap waspada dan jaga jarak ketika beraktivitas.

“Tetap jaga jarak aman dan jangan panik,” ujar Patria.

Selain itu, masyarakat diminta untuk tetap mematuhi rekomendasi PVMBG yakni tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 kilometer dari puncak.

Di luar jarak tersebut, masyarakat juga tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari bantaran sungai di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 kilometer dari puncak.
Masyarakat di lereng Semeru juga dilarang beraktivitas dalam radius 5 kilometer dari puncak karena rawan terhadap bahaya lontaran batu pijar.

#Kepri

Index

Berita Lainnya

Index