LSI: Prabowo Berpotensi Masuk Putaran Kedua Jika Lawan Ganjar dan Anies

LSI: Prabowo Berpotensi Masuk Putaran Kedua Jika Lawan Ganjar dan Anies
Prabowo dan Anies Baswedan resmikan Roemah Djoeang

GLOBALKEPRI.COM. JAKARTA -  Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA kembali merilis temuan terbarunya, terkait elektabilitas calon presiden di Pemilu 2024. Hasilnya, dari tiga calon presiden yang digadang akan maju ke dalam kontestasi pesta demokrasi, Prabowo Subianto, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo. Nama Prabowo Subianto menjadi yang paling unggul.

"Prabowo berada di urutan pertama dengan hasil 33,9%. Kemudian disusul oleh Ganjar Pranowo dengan perolehan suara responden sebesar 31,9% dan terakhir adalah Anies Baswedan dengan perolehan 20,8%. Hasil ini memiliki responden yang tidak menjawab sebesar 13,4%," kata Adjie Alfaraby selaku pemapar survei, Jumat (19/5).
Adjie beralasan, mengapa hanya ada tiga nama yang diuji lembaganya untuk disurvei. Menurut dia, ketiga nama itu adalah mereka yang sejauh ini paling jelas dan paling pasti akan berkontestasi.

"Prabowo sebagai bakal calon presiden (bacapres) dari Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang diisi oleh Gerindra dan PKB. Kemudian Ganjar adalah sosok bacapres dari PDIP dan sudah dideklarasikan. Berikut juga dengan Anies yang sejauh ini sudah disepakati oleh Koalisi Perubahan (NasDem, Demokrat, PKS) sebagai Bacapresnya," jelas Adjie.
Mengenai hasil keunggulan Prabowo dalam survei tiga nama tersebut, Adjie meyakini Prabowo adalah sosok yang paling berpotensi masuk ke putaran kedua. Alasannya, karena tidak ada satu pun capres yang berada di angka 50 persen.

"Secara logika 13,4% kita distribusi kita anggap semuanya memilih ke tiga nama capres tidak mungkin ada capres yang memenuhi di atas 50% karena itu, Pilpres 2024 berpotensi 2 putaran," jelas dia.

Adjie menambahkan, saat kemudian terjadi dua putaran setiap capres harus mencapai angka ‘the magic number’ atau angka ambang batas minimal untuk lolos putaran kedua dan saat dihitung secara matematis, maka minimal setiap capres harus memperoleh 33,3% untuk bisa lolos ke putaran kedua.

"Oleh karena itu, dari 3 nama saat ini yang telah memenuhi ambang batas minimal adalah capres Prabowo Subianto dengan angka 33,9%," dia menandasi.
Sebagai informasi, metodologi survei diketahui menggunakan multi-stage random sampling, dengan total responden sebesar 1200 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tatal muka dan menggunakan kuesioner.

Sedangkan untuk margin of error, diketahui sebesar +/- 2,9%. Kemudian, rentang waktu dilakukan survei ini adalah 3-14 Mei 2023.

#Politik

Index

Berita Lainnya

Index