Kunjungi Kesultanan Banten Lama, Ganjar Pranowo Minta Petuah Tokoh Agama

Kunjungi Kesultanan Banten Lama, Ganjar Pranowo Minta Petuah Tokoh Agama
Ganjar Pranowo Kunjungi Kesultanan Banten.

GLOBALKEPRI.COM. JAKARTA - Bakal calon presiden (bacapres) dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo melakukan silahturahmi ke Kesultanan Banten Lama di Serang, Banten, Minggu (28/5). Ganjar mengaku mendapat petuah-petuah dari para tokoh yang ada di sana.

"Untuk mendapatkan petuah dari orang tua kan begitu agar semuanya ingat, agar semuanya ingat, dan ditunjukkan banyak tokoh dari Banten ini kalau mau belajar toleransi ya di sini," jelas Ganjar di Kesultanan Banten, Minggu (27/5).
Selain itu, kata dia, para tokoh juga aktif menceritakan sejarah dari Kesultanan Banten Lama dan Kompleks Masjid Agung. Keduanya merupakan tempat yang sangat bersejarah.

Gubernur Jawa Tengah itu juga mendapat penjelasan dari keluarga Kesultanan bahwa sejak tahun 1.500-an lalu, Banten menjadi pusat peradaban dan contoh bagaimana toleransi berjalan dengan baik.
"Diceritakan, tidak jauh dari area masjid dan makam ini ada tempat ibadah agama lain yang diizinkan Sultan. Pembelajaran yang berharga, ayo kita saling hormat menghormati," katanya.

Ganjar mengungkapkan, bahwa banyak pelajaran yang bisa diambil dari Kesultanan Banten. Khususnya, soal menjaga perdamaian dan rasa persaudaraan.

"Kalau kita tidak seagama, tetapi pasti kita sesama manusia punya rasa kemanusiaan," tutur Ganjar.

Kader PDIP ini pun menyampaikan rasa terima kasihnya kepada keluarga kesultanan yang telah mengajak dirinya berkeliling dan mengenal sejarah.
"Saya terima kasih bisa hadir, diantar keluarga sultan, berkeliling dan dapatkan cerita sejarah, dan sempat berdoa bersama. Mudah-mudahan jadi kebaikan kita bersama," ujar Ganjar.

Ganjar tiba di Kesultanan Banten mengenakan baju koko putih, dengan didampingi Ketua Tim Koordinasi Relawan Ganjar Pranowo for President 2024 Ahmad Basarah. Kedatangan Ganjar langsung disambut oleh Dewan Pembina Kenadziran Kesultanan Banten KH TB Hasan Fuad.

Ganjar juga diberikan kain hitam bercorak cokelat dan kopiah khas Banten. Sebelum melakukan ziarah Kubro, Ganjar bersama Basarah dijamu di Kesultanan Banten Lama.

Setelah rama tamah, Ganjar langsung diajak menuju Makam Sultan Maulana Hasanuddin Banten di Kompleks Masjid Agung Banten.
Ganjar pun disambut meriah dengan tabuhan rebana dan lantunan selawat serta ayat-ayat suci Alquran. Sejumlah peziarah yang kebetulan ada di lokasi juga menyambut kehadiran Gubernur Jawa Tengah tersebut.

Usai berziarah, Ganjar pun langsung disambut ribuan peziarah untuk bersalaman dan berswafoto kembali.

#Politik

Index

Berita Lainnya

Index