Survei Cawapres Populi Center: Sandiaga Uno Tertinggi, Disusul Ridwan Kamil & Mahfud

Survei Cawapres Populi Center: Sandiaga Uno Tertinggi, Disusul Ridwan Kamil & Mahfud
Peluncuran World Superbike Indonesian Round 2023 di Jakarta.

GLOBALKEPRI.COM. JAKARTA -  Lembaga survei Populi Center merilis hasil survei elektabilitas calon wakil presiden (cawapres) yang akan dipilih oleh masyarakat. Nama Sandiaga Salahuddin Uno menjadi cawapres dengan elektabilitas teratas.

Pada survei ini, 1.200 responden Populi Center dari 38 provinsi diberikan pertanyaan terbuka jika pemilihan presiden diadakan hari ini siapa tokoh yang akan dipilih sebagai wakil presiden.
"Sandiaga Salahuddin Uno menjadi nama yang paling banyak dipilih untuk menjadi wakil presiden dengan 11,5 persen, disusul Ridwan Kamil (6,5 persen), dan Mahfud MD (5,3 persen), dan Erick Thohir (5,2 persen)" ungkap Direktur Eksekutif Populi Center Rafif Pamenang, Senin (29/5).

Sedangkan, untuk pertanyaan semi terbuka terkait tokoh-tokoh yang akan maju sebagai cawapres, nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menempati posisi paling atas.
"Ketika masyarakat ditanya tokoh yang paling diharapkan untuk menjadi wakil presiden tahun 2024, masyarakat paling banyak menjawab Ridwan Kamil (19,3 persen), disusul Sandiaga Uno (16,5 persen), Erick Thohir (10,4 persen)," sambungnya.

Kemudian Mahfud MD (9,3 persen), AHY (8,8 persen), Anies Baswedan (7,6 persen), Andika Perkasa (4,1 persen), Gibran Rakabuming (3,8 persen), dan Khofifah Indar Parawansa (3,6 persen). Untuk tokoh-tokoh lainnya mendapat persentase di bawah 3 persen.

Sebagai informasi, Populi Center melakukan survei nasional mulai tanggal 4 hingga 12 Mei 2023 dengan 1.200 responden yang tersebar secara proporsional di 38 provinsi di Indonesia.

Pengambilan survei ini melalui wawancara tatap muka menggunakan metode acak bertingkat dengan margin of eror ±2,83 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.
 

#Politik

Index

Berita Lainnya

Index