KPU Terima Daftar Pemilih Pemilu 2024, Rekapitulasi Nasional Dilakukan 2-4 Juli 2023

KPU Terima Daftar Pemilih Pemilu 2024, Rekapitulasi Nasional Dilakukan 2-4 Juli 2023
KPU

GLOBALKEPRI.COM. JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari menyampaikan, jika KPU Kabupaten/Kota dan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2024.

"Pada tanggal 20 dan 21 Juni kemarin KPU Kabupaten Kota di seluruh Indonesia di 514 kabupaten kota yang tersebar di 38 provinsi dan 128 PPLN telah melakukan kegiatan penetapan daftar pemilih tetap (DPT) untuk keperluan pemilu di 2024," kata Hasyim, saat konferensi pers, di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis (22/6).

Sementara, untuk rekapitulasi di tingkat nasional bakal dilakukan pada awal Juli 2023 mendatang. Termasuk rekapitulasi untuk pemilih di luar negeri.

“Rencananya nanti oleh KPU Pusat rekapitulasi daftar pemilih tetap akan dilakukan pada tanggal 2 sampai 4 Juli akan dilakukan rekapitulasi daftar pemilih secara nasional. Itu termasuk merekapitulasi pemilih yang di luar negeri untuk tingkat nasional," ujarnya.
Daftar Pemilih Sementara
Sebelumnya, KPU telah menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu Serentak 2024 sebanyak 205.853.518 pemilih, dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPS tingkat nasional, Selasa (18/4) lalu.

Data DPS itu kemudian dimutakhirkan lagi menjadi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP). Kemudian dimutakhirkan lagi menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Penyusunan daftar pemilih sudah berlangsung sejak 14 Desember 2022, ditandai dengan penyerahan DP4 (Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu) milik pemerintah kepada KPU.

Dua sumber data pemilih yakni DPT yang dimiliki KPU dan DP4 kemudian disampaikan kepada KPU provinsi, kabupaten, dan kota untuk dilakukan coklit sebelum kembali direkapitulasi pusat.
Sampai saat ini, KPU masih membuka kesempatan kepada masyarakat, pengawas pemilu, hingga peserta pemilu untuk melapor jika ada yang belum terdata atau ketidaksesuaian daftar pemilih.
 

#Kepri

Index

Berita Lainnya

Index