Prabowo-Erick Thohir Dinilai Pasangan Ideal Pimpin Indonesia

Prabowo-Erick Thohir Dinilai Pasangan Ideal Pimpin Indonesia
Momen Menteri Pertahanan Prabowo Subianto semobil dengan Menteri BUMN Erick Thohir (dok: @erickthohir / Ilyas)

GLOBALKEPRI.COM.JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir dinilai sebagai pasangan ideal untuk memimpin Indonesia. Kriteria yang dimiliki Erick Thohir terbukti bisa melengkapi Calon Presiden (Capres) Koalisi Indonesia Maju (KIM) tersebut.

Pengamat Politik Universitas Brawijaya, Anang Sujoko mengatakan Erick Thohir lebih cocok dengan Prabowo ketimbang mendampingi Capres PDIP, Ganjar Pranowo. Anang melanjutkan, Prabowo–Erick Thohir merupakan pasangan ideal untuk memimpin Indonesia.

“Pak Erick Thohir beberapa analisis saya, mindsetnya lebih cocok kepada kriteria Pak Prabowo. Pak Erick Thohir dengan Pak Prabowo itu ideal,” kata Anang, ketika dihubungi, Senin (4/9).

Anang menambahkan, di dalam KIM sudah banyak nama-nama yang bisa menjadi cawapres bagi Prabowo. Mulai dari Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto hingga Ketua Umum PBB, Yusril Ihza Mahendra.

Kendati demikian, Anang meyakini nama-nama tersebut tidak akan terlalu memaksakan untuk menjadi cawapres dari Prabowo pada Pilpres 2024 mendatang. Ia menegaskan, pengalaman dan elektabilitas yang dimiliki Airlangga hingga Yusril akan berpengaruh pada sikap mereka menentukan cawapres terbaik bagi Prabowo.

“Kalau dari tokoh-tokoh mereka itu kan sudah sangat wise ya bermainnya, jadi tidak akan mudah terbaca di permukaan,” ujar Anang.
Peluang Erick Terbuka Di sisi lain, peluang Erick Thohir untuk mendampingi Prabowo pada Pilpres 2024 sangat terbuka lebar. Hal itu tercermin dari hasil survei yang diadakan Lembaga Survei Indonesia (LSI) periode 3–9 Agustus 2023.

Dari hasil survei yang melibatkan simulasi tiga pasangan, Prabowo – Erick Thohir berhasil mendapatkan dukungan tertinggi dengan total dukungan sebesar 36,1 persen. Kemudian, disusul oleh pasangan Ganjar Pranowo – Khofifah Indar Parawansa dengan persentase dukungan 35,1 persen dan pasangan Anies Baswedan – Agus Harimurti Yudhoyono dengan 22,3 persen.
 

#Politik

Index

Berita Lainnya

Index