Ledakan Kebakaran Museum Nasional Terjadi Saat Sekuriti Apel

Ledakan Kebakaran Museum Nasional Terjadi Saat Sekuriti Apel
Foto: Kebakaran Museum Nasional, 16 September 2023. (Antara photo)

GLOBALKEPRI.COM.JAKARTA - Terungkap adanya ledakan besar sebelum kebakaran melalap gedung A, Museum Nasional. Ledakan itu terjadi saat securiti sedang melakukan apel.

"Securiti sedang melaksanakan apel, lalu tidak lama kemudian jam 19.58 terjadi ledakan yang cukup besar," tulis keterangan tertulis Pemadam Kebakaran, Sabtu (16/9/2023).

Sumber ledakan disebut berasal dari arah bedeng proyek. Setelah itu alarm gedung berbunyi dan api sudah membesar.

"Dari arah bedeng proyek yang sedang mengerjakan renovasi di Museum Nasional. Lalu alarm gedung berbunyi dan ketika di-crosschek api sudah membesar," ujarnya.

Hal yang sama juga dialami seorang pekerja proyek tersebut. Kesaksian ini disampaikan Yadi (36), pekerja proyek MRT, di Museum Nasional, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Sabtu (16/9/2023).

"Ya kecil dulu apinya, (kemudian) ledakan, satu dan dua kali ledakan," kata Yadi.

Suara itu mengganggunya saat menyeruput kopi di warung. Dia langsung berdiri mengecek sumber suara. Dia melihat api membesar.

"Setengah jam langsung apinya membesar," kata dia.

Sebelumnya, Keterangan dari Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta, Satriadi Gunawan, menyebut kebakaran Museum Nasional itu bersumber dari pendingin udara (AC). Dia menyebut ada letupan.

"Ada letupan AC yang mengakibatkan adanya api, terjadi perambatan ke sisi Gedung A1 bagian belakang," kata Satriadi Gunawan, tadi.

 

#Nasional

Index

Berita Lainnya

Index