Pendaftaran CPNS 2023 dan PPPK Dibuka Hari Ini 20 September 2023, Begini Caranya

Pendaftaran CPNS 2023 dan PPPK Dibuka Hari Ini 20 September 2023, Begini Caranya
Pemerintah melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) resmi membuka pendaftaran CPNS 2023 dan PPPK pada hari ini,20 September 2023. (Juni Kriswanto/AFP)

GLOBALKEPRI.COM.JAKARTA - Hari ini, 20 September 2023 menjadi hari yang sibuk bagi para pemburu lowongan CPNS. Pemerintah melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) resmi membuka pendaftaran CPNS 2023 dan PPPK pada hari ini.

Adapun pada tahun ini, pemerintah membuka kebutuhan sebanyak 572.496 formasi, baik untuk CPNS 2023 maupun pegawai pemerintah dengan kerja (PPPK). 

Adapun total formasi 572.496 formasi CASN 2023 terdiri dari 28.903 formasi CPNS dan 543.593 formasi PPPK.

Untuk pengumuman formasi CPNS 2023 dan PPPK menjadi tanggung jawab masing-masing instansi.

Pendaftaran Online
CPNS 2023 dilakukan secara online melalui laman https://sscasn.bkn.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP)/ Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK).

Pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan dilaksanakan secara online melalui laman https://sscasn.bkn.go.id segera setelah pelamar memperoleh notifikasi untuk melakukan aktivasi melalui email dari portal nasional.

Cara Cek Formasi CPNS 2023 Lewat Website SSCASN BKN
- Kunjungi website https://sscasn.bkn.go.id
- Kemudian klik '"Info Lowongan"
- Selanjutnya, Buka "Simulasi Pemilihan" dan isi kolom sesuai dengan kebutuhan
- Jenis Pengadaan: (CPNS)
- Instansi: (Disesuaikan dengan pilihan pendaftar)
- Tingkat Pendidikan: (Lulusan Terakhir)
- Pendidikan: (Jurusan)Klik tombol "Cari"
- Terakhir, formasi CPNS 2023 yang dibuka akan muncul sesuai jurusan masing-masing

Awas Penipuan Janjikan Kelulusan!

Peserta memasuki ruangan untuk mengikuti proses Tes Standar Kompetensi Dasar (SKD) CPNS di BKN, Jakarta, Kamis (2/9/2021). Sebanyak 800 peserta mengikuti tes yang dibagi dua sesi dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. (Liputan6.com/Herman Zakharia)


Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah, dalam hal ini BKN menyosialisasikan secara masif terkait persyaratan, cara pendaftaran, dan seluruh prosedur pendaftaran CPNS 2023.

Hal ini agar mencegah masyarakat terkena penipuan yang berkedok jalan cepat atau pasti lulus tes CPNS, dan hanya mengikuti seleksi CPNS melalui alur resmi.

"Meminta pemerintah, dalam hal ini BKN berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika/Kemkominfo, untuk memastikan website pendaftaran CPNS dalam kondisi stabil dan aman dari peretasan, serta menjamin bahwa tes dan seluruh seleksi CPNS nantinya tidak memiliki atau minim celah kecurangan," kata dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (19/9/2023).
 

Proses Seleksi CPNS 2023

Peserta memvalidasi data diri sebelom mengikuti proses Tes Standar Kompetensi Dasar (SKD) CPNS di BKN, Jakarta, Kamis (2/9/2021). Sebanyak 800 peserta mengikuti tes yang dibagi dua sesi dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. (Liputan6.com/Herman Zakharia)


Selain itu, Bamsoet juga mengimbau kepada masyarakat, utamanya yang ingin mengikuti seleksi CPNS, agar mengikuti seluruh prosedur rekrutmen CPNS secara jujur dan memperhatikan secara detail seluruh persyaratan dan tenggat waktu yang ditentukan, dan belajar dengan sungguh-sungguh agar bisa memberikan hasil yang maksimal sesuai potensi yang dimiliki.

:Meminta pemerintah memastikan bahwa formasi yang dibutuhkan di tiap instansi atau lembaga sudah sesuai kebutuhan instansi atau lembaga di tiap wilayah, sehingga seleksi CPNS di tahun 2023 ini dapat memenuhi kebutuhan pegawai sesuai formasi yang diperlukan," tutup dia. 
 

#Nasional

Index

Berita Lainnya

Index