Jokowi Lepas Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 di Istana

Jokowi Lepas Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 di Istana
Presiden Joko Widodo melepas kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 di halaman Istana Merdeka, Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (10/7/2024)

GLOBALKEPRI.COM, BATAM - Presiden Joko Widodo melepas kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 di halaman Istana Merdeka, Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (10/7/2024). "Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim pada sore hari ini secara resmi saya berangkatkan tim Indonesia menuju Olympic Games ke-33 Paris tahun 2024," kata Jokowi, Rabu. Kepala Negara menuturkan, seleksi menjadi anggota delegasi untuk bertanding di olimpiade sangat ketat. Para atlet yang diberangkatkan merupakan atlet pilihan yang telah menjalani proses seleksi secara ketat. Oleh karena itu, ia meminta para atlet yang akan bertanding untuk mempersiapkan diri.
"Persiapkan diri dengan baik, siapkan fisik, siapkan mental, siapkan diri untuk bertanding. Dan harapan kita semuanya semoga kita berhasil dan menang dan membawa pulang medali," tutur dia.
Lebih lanjut Jokowi mengingatkan bahwa lawan di olimpiade adalah yang terbaik di seluruh dunia. Ia pun memahami lawan itu sangat berat dihadapi. Namun ia berpesan agar para atlet selalu optimis. "Saya pesan bahwa semuanya harus optimis, bertanding lah dengan penuh semangat. Dan saudara-saudara pasti tahu apa yang diinginkan Indonesia, rakyat menginginkan bendera merah putih dikibarkan di arena olimpiade," jelasnya. Sebelumnya, kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 dikukuhkan lebih dulu di Auditorium Kemenpora pada Rabu (10/7/2024). Sebanyak 29 atlet dari 12 cabang olahraga akan mewakili Indonesia di Olimpiade Paris 2024.
Pengukuhan ini dihadiri para atlet, pelatih, ketua federasi cabang olahraga yang berlaga di Olimpiade Paris, Menpora, Ketua Olimpiade Indonesia, serta Chef de Mission (CDM) Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024. Pengukuhan ini ditandai dengan penyerahan bendera Merah Putih dari Menpora ke CDM Kontingen Indonesia, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan janji atlet. Tidak lama setelah itu, para atlet mencium bendera Merah Putih satu per satu diiringi lagu "Bagimu Negeri". "Dalam pertandingan, saya percaya kemenangan menyertai orang-orang yang pantang menyerah," ujar Menpora Dito Ariotedjo. "Kami mendukung sepenuhnya Kontingen Indonesia di Olimpiade ke-33 Paris 2024. Ini adalah langkah puncak setelah Asian dan SEA Games. Tunjukkan Indonesia adalah negara besar," ujarnya.
Olimpiade XXXIII akan dimulai dari 26 Juli hingga 11 Agustus 2024. Upacara pembukaan dalam perhelatan Olimpiade musim panas kali ini berbeda, untuk pertama kali tidak akan berlangsung di dalam stadion.
Berikut ini cabang olahraga perwakilan Indonesia pada Olimpiade Paris 2024: 

Panahan: 4 orang 

Panjat tebing: 4 orang 

Senam artistik: 1 orang 

Menembak: 1 orang 

Selancar ombak: 1 orang
Angkat besi: 3 orang 

Dayung: 1 orang 

Balap sepeda: 1 orang 

Bulu tangkis: 9 orang 

Judo: 1 orang 

Atletik: 1 orang 

Renang: 2 orang.
 

#Olahraga

Index

Berita Lainnya

Index