Dokumen Naturalisasi Sandi Walsh dan Jordy Sudah di Setneg

Dokumen Naturalisasi Sandi Walsh dan Jordy Sudah di Setneg
Sandy Walsh dan Jordi Amat

GLOBALKEPRI.COM.JAKARTA- Anggota Exco PSSI Hasani Abdulgani menyebut proses naturalisasi Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama terus berjalan. Saat ini dokumen Jordi Amat dan Sandy Walsh sudah dikirim ke Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

"Kabarnya dari Kemenkumham sudah ke Setneg," katanya kepada CNNIndonesia.com melalui pesan singkat, Selasa (31/5).

Sementara Shayne Pattynama yang beru tiba di Jakarta, Senin (30/5). Sama seperti Jordi dan Walsh, Shayne juga akan menyelesaikan serangkaian administrasi yang dibutuhkan pemerintah Indonesia untuk naturalisasi.

Shayne Pattynama dijadwalkan mengunjungi Kedutaan Besar Belanda di Indonesia, wawancara tertutup dengan Badan Intelijen Negara (BIN) hingga menjalani tes kesehatan.

Setelah sampai di Setneg permohonan pemain selanjutnya akan menunggu persetujuan dari Presiden RI Joko Widodo dalam proses pindah kewarganegaraan.

Di satu sisi, pihak PSSI tidak menerapkan tenggat waktu hingga ketiga pemain diambil sumpah setia kepada NKRI dan mendapat paspor Indonesia.

Hasani juga belum bisa memprediksi debut Jordi, Shandy, dan Shayne bersama Timnas Indonesia. Saat ini, Jordi dan Sandy sudah bergabung dalam latihan Timnas Indonesia jelang FIFA Matchday melawan Bangladesh.

"Tergantung. Kalau sudah pegang paspor, kompetisi apapun yang diikuti Timnas Indonesia mereka bisa main," ujar Hasani.

Sebelumnya, Jordi sudah mengunjungi Kedutaan Besar Spanyol pada 16 Mei 2022 sementara Sandy mendatangi Kedutaan Besar Belanda pada 18 Mei 2022.

Dari kunjungan itu, Jordi dan Sandy sudah mengurus dokumen dan menyatakan tidak keberatan melepas kewarganegaraan masing-masing.

PSSI pun mengirim dokumen tersebut kepada pihak Kemenkumham RI. Jordi dan Sandy juga sudah menjalani wawancara tertutup bersama Badan Intelijen Negara (BIN). **

#Olahraga

Index

Berita Lainnya

Index