"Boleh Tahan Juga 'Speaks English' Pak Kadispora Batam Ini"

Para peserta Kepulauan Riau Golf Tournament 2022

Oleh: Aldi Samjaya

Waketum KONI Batam

 

Usai menghadiri undangan pelantikan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Sriwijaya (UNSRI), Sabtu (18/06/22) pagi di Best Western Premier Hotel, saya diajak Kadispora Batam, Pak Zulkarnain, menghadiri acara Golf bertajuk "Kepulauan Riau Golf Tournament 2022 bertempat di Padang Golf Sukajadi Batam.

Singkat cerita, sesampai di lokasi acara, para peserta Golf (Golfer) yang jumlahnya lebih dari seratusan orang itu dengan kostum didominasi warna biru, tidak satu orangpun yang saya kenal. Begitu juga dengan Kadispora Batam yang akrab saya sapa dengan panggilan Pak Kadis, mengaku juga tak mengenal satupun golfer yang didominasi kaum adam tersebut.

Kadispora Batam, Zulkarnain saat memberi kata sambutan

 

"Tidak ada satupun peserta yang saya kenal. Tapi saya ada berkomunikasi dengan ketua panitia acara yang mengundang pihak Pemko Batam untuk membuka kegiatan ini," terang Pak Kadis.

Ketika hal itu saya tanyakan ke panitia acara, barulah kami tahu, bahwa acara Golf tersebut, semua pesertanya dari luar negeri. Di antaranya berasal dari Malaysia, Singapore, Thailand dan Australia.

Tak berselang lama, panitia mengumpulkan seluruh Golfer yang telah melengkapi diri dengan stick dan peralatan bermain Golf lainnya. Terlihat juga puluhan Caddy berkumpul dengan rapi di Mobil Golf atau Buggy Car masing-masing.

Sebelum membuka acara dengan pukulan bola asap, Pak Kadis terlebih dahulu didaulat memberikan kata sambutan. Karena audiensnya orang luar negeri, ternyata Pak Kadis juga menggunakan bahasa inggris penuh dalam sambutannya.

Foto bersama panitia pelaksana

 

Terjadi juga dialog berbahasa Inggris dalam momentum itu. Salah seorang Golfer yang berasal dari Australia menyampaikan sejumlah pertanyaan kepada pak Kadis.

Syukur, pertanyaan dimengerti dan dijawab dengan baik oleh pak Kadis, juga dengan menggunakan bahasa Inggris yang fasih dan lancar.

Saat meninggalkan acara, saya sempat memuji bahasa Inggris Pak Kadis yang fasih dan lancar. "Boleh tahan juga speaks English Pak Kadispora ya," puji saya?. Ngaklah, Bahasa Inggris pasar aja," ujarnya merendah.

Ketika saya tanya, perihal pertanyaan si Golfer asal Australia tersebut. Pak Kadis menyebut, bahwa Golfer Australia itu memberitahu, masih ada seratusan orang Golfer lagi yang gagal berangkat dari Malaysia ke Batam, karena kendala kapasitas kapal dan dia meminta agar pemerintah Indonesia dapat memberikan perhatian terhadap masalah itu. **

#Olahraga

Index

Berita Lainnya

Index