Milad ke-47, MUI Batam Gelar Diklat Baca Kitab Kuning bagi Pondok Pesantren

Milad ke-47, MUI Batam Gelar Diklat Baca Kitab Kuning bagi Pondok Pesantren
Wakil Wali Kota Batam, H Amsakar Achmad saat memberi sambutan

GLOBALKEPRI.COM.BATAM- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Batam menggelar milad MUI ke - 47 di Aula Politeknik Batam (16/08/2017). Acara dihadiri oleh Anggota DPR RI Drs. Nyat Kadir, Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad, Kepala Kemenag Batam, Zulkarnain Umar, pimpinan ormas islam, pimpinan pondok pesantren  dan keluarga besar pengurus MUI Kota Batam.

Dalam milad kali ini diisi dengan ekspose laporan kegiatan MUI Kota Batam selama satu tahun dan diklat atau Training of Trainer (TOT) Metode Cepat Baca Kitab Kuning bersama KH. Badrut Tamam, M.H.I, Pengasuh Pesantren Nurul Qornain Jember 
Jawa Timur.

Ketua MUI Batam, KH Luqman Rifa'i bersama pengurus MUI Batam dan undangan

 

Dalam sambutanya, Ketua Umum MUI Kota Batam menegaskan bahwa ada tiga tanggungjawab yang diemban oleh pengurus MUI Kota Batam dalam program kerjanya. Yakni, tanggungjawab keagamaan (al-mas-uliyah  ad-diniyah), tanggungjawab sosial keumatan (al-mas-uliyah al-ijtimaiyah) dan tanggungjawab  kebangsaan (almas-uliyah al-wathoniyah). 

“Dari tiga tanggungjawab utama inilah kemudian dijabarkan dalam program kerja yang telah ditetapkan dalam rakerda dan kemudian dijalankan oleh dewan pimpinan dan komisi,” ujar KH Luqman Rifa'i.

Peserta milad

 

Sementara itu Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad yang hadir dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan selamat. Tak hanya itu, Amsakar juga menyampaikan pesan dari Wali Kota Batam Muhammad Rudi, yang sejatinya ingin hadir. Namun di waktu yang bersamaan ada agenda lain sehingga agenda tersebut diwakilkan kepada dirinya.

“Selamat kepada MUI Batam, semoga ke depan semakin hebat, dahsyat dan berkontribusi untuk negeri,” kata Amsakar yang juga Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Batam ini.

Lebih lanjut, ia mengatakan milad merupakan momentum berkontemplasi dan intropeksi. Terkait apa yang telah dilakukan di masa lalu, apa yang akan lakukan sekarang, hingga bagaimana upaya yang akan dilakukan ke depan.

“Syukur kita ucapkan, MUI terus berkontribusi luar biasa dan selayaknya kita apresiasi,” imbuhnya.

Menurutnya, peran MUI selalu diharapkan. Sebagaimana harapan serupa kepada seluruh elemen di Batam. Demi tercapainya cita-cita bersama daerah dan negara yang semakin baik. **

#Hikmah

Index

Berita Lainnya

Index