Bacaan Zikir di 10 Hari Pertama Bulan Zulhijah, Amalkan Yuk!

Bacaan Zikir di 10 Hari Pertama Bulan Zulhijah, Amalkan Yuk!
Foto: Getty Images/iStockphoto/Avid Photographer. Travel the wo

GLOBALKEPRI.COM, MEDAN - Bulan Zulhijah adalah salah satu bulan yang diistimewakan oleh Allah SWT, terutama dalam sepuluh hari pertamanya yang penuh dengan keutamaan. Oleh karena itu, umat Islam sangat dianjurkan untuk meningkatkan amal saleh selama bulan tersebut.
Tidak hanya melakukan puasa di bulan Zulhijah, tetapi juga dianjurkan untuk memperbanyak zikir kepada Allah selama sepuluh hari pertama Zulhijah.

Apakah detikers ingin mengetahui bacaan zikir di sepuluh hari pertama bulan Zulhijah? Simak penjelasannya berikut ini!
Mengapa dianjurkan untuk Zikir di 10 Hari Pertama Bulan Zulhijah?

Dikutip dari laman Muhammadiyah.or.id, memperbanyak takbir, tahmid, dan tahlil sangat dianjurkan untuk dilakukan pada bulan Zulhijah.
Landasan kuat untuk amalan pun dapat ditemukan dalam Al-Qur'an pada QS. Al-Hajj ayat 28, yang mengacu pada "al-ayyam al-ma'lumat," atau sepuluh hari pertama bulan Zulhijah, seperti yang dijelaskan oleh Ibnu Abbas RA, bahwa "al-ayyam al-ma'lumat" adalah sepuluh hari tersebut.

Para ulama juga menekankan pentingnya umat Islam untuk memperbanyak amalan zikir selama bulan tersebut. Contoh nyata terdapat dalam hadits maukuf tentang Ibnu Umar dan Abu Hurairah yang rutin pergi ke pasar selama sepuluh hari pertama Zulhijah sambil mengucapkan takbir, tahmid, dan tahlil. Amalan ini pun menjadi contoh bagi orang-orang di sekitar mereka.

وَقَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ وَاذْكُرُوا اللَّهَ فِى أَيَّامٍ مَعْلُومَاتٍ أَيَّامُ الْعَشْرِ ، وَالأَيَّامُ الْمَعْدُودَاتُ أَيَّامُ التَّشْرِيقِ . وَكَانَ ابْنُ عُمَرَ وَأَبُو هُرَيْرَةَ يَخْرُجَانِ إِلَى السُّوقِ فِى أَيَّامِ الْعَشْرِ يُكَبِّرَانِ ، وَيُكَبِّرُ النَّاسُ بِتَكْبِيرِهِمَا . وَكَبَّرَ مُحَمَّدُ بْنُ عَلِىٍّ خَلْفَ النَّافِلَةِ

"Ibnu Abbas mengatakan, 'Manfaatkanlah waktu dengan berzikir kepada Allah selama periode yang telah ditentukan, yaitu sepuluh hari pertama Zulhijah dan hari-hari tasyriq.' Ibnu Umar dan Abu Hurairah juga tercatat pergi ke pasar pada awal sepuluh hari Zulhijah, di mana mereka mengucapkan takbir, dan kemudian orang-orang di sekitar mereka ikut bergabung dalam takbir tersebut. Muhammad bin 'Ali juga mengikuti tradisi ini dengan mengucapkan takbir setelah salat sunnah."

Oleh karena itu, berdasarkan ayat dan hadis yang terkait, anjuran untuk meningkatkan takbir, tahmid, dan tahlil tidak hanya terbatas pada hari-hari tasyrik, tetapi juga sangat disarankan pada bulan Zulhijah, terutama selama sepuluh hari pertama Zulhijah.
Bacaan Zikir di 10 Hari Pertama Bulan Zulhijah
Dilansir dari detikHikmah, ini adalah bacaan zikir yang kerap diungkapkan oleh para tabiin, sebagaimana yang disampaikan oleh Ishaq dari kalangan para fuqaha.

· Bacaan Tahlil
لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ

Laa ilaaha illallah

Artinya: "Tidak ada Tuhan selain Allah."

· Bacaan Takbir
اللَّهُ أَكْبَرُ

Allahu Akbar

Artinya: "Allah Maha Besar."

· Bacaan Tahmid
الْحَمْدُ للهِ

Alhamdulillah

Artinya: "Segala puji bagi Allah."

Zikir-zikir yang disebutkan tersebut dapat dijadikan rangkaian zikir selama sepuluh hari pertama bulan Zulhijah. Diriwayatkan Ishaq dari fuqaha', berikut bacaan yang kerap diucapkan oleh para tabi'in,

الله أكبر الله أكبر لا إله إلا الله والله أكبر ولله الحمد

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Laa Ilaha Ilallah, wa-Allahu Akbar, Allahu Akbar wa Lillahil Hamdu
Artinya: "Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, tiada Tuhan selain Allah. Dan Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji hanya bagi Allah."

Demikianlah penjelasan mengenai bacaan zikir yang dianjurkan untuk diamalkan pada sepuluh hari pertama bulan Zulhijah,Semoga bermanfaat.

 

#Pendidikan

Index

Berita Lainnya

Index