Efek Nongsa Digital Park, Gaji Profesi IT Batam Bisa Lebih Tinggi dari Jakarta

Efek Nongsa Digital Park, Gaji Profesi IT Batam Bisa Lebih Tinggi dari Jakarta
Ilustrasi.

GLOBALKEPRI.COM. JAKARTA - Profesi di bidang teknologi informasi (IT) yang jadi rebutan startup dan perusahaan besar sering disebut bergaji tinggi. Ternyata, tawaran gaji tinggi bagi profesi IT juga banyak berasal dari Batam, tidak hanya di Jakarta.
Menurut laporan Glints, gaji pekerja di bidang teknologi yaitu programmer dan developer di Batam dan Jakarta berada pada kisaran yang sama. Batam sendiri kini menjadi markas bagi startup dan perusahaan global asal Singapura.

Ada sebuah ekosistem bernama Nongsa Digital Park (NDP), di mana di dalamnya terdapat 80 perusahaan rintisan digital dan multinasional.
Bicara soal gaji, CEO Nongsa Digital Park, Mike Wiluan mengatakan, standardisasi gaji berdasarkan dari setiap perusahaan.

"Tapi karena kebanyakan startup dan perusahaan teknologi di NDP adalah merek Internasional, aturan standardisasi gaji sedikit lebih tinggi dari kebanyakan perusahaan lokal," ujar Mike Senin (10/10/2022).
Lebih lanjut Mike menjelaskan, bahwa mayoritas startup di NDP berasal dari industri pemasaran digital atau digital marketing, layanan data dan cloud, e-sports dan gaming, e-commerce, fintech, kecerdasan buatan (AI), automasi jaringan dan konsultasi IT.
Secara keseluruhan total orang bekerja di Nongsa 1.250 orang dengan 80% atau 1000 orang bekerja sebagai mobile (iOS/Android) developer, web developer, desktop developer, dan full-stack developer.

NDP sendiri berada pada di kawasan ekonomi khusus yang fokus pada pengembangan ekonomi kreatif berbasis digital di Batam.

Kini mereka mulai memenuhi visi Presiden Joko Widodo tentang menjadi jembatan digital antara Indonesia-Singapura, dan seluruh dunia.

Investor seperti Gaw Capital dan GDS Holding saat ini sudah menanamkan investasi membangun Data Center di NDP.

Selain itu, Sinarmas Group bersama Citramas Group melakukan joint venture di bawah bendera perusahaan bernama PT Citra Sinar Global membangun infrastuktur penunjang ekosistem digital.
 

#Teknologi

Index

Berita Lainnya

Index