Ada Temuan Planet Baru Sebesar Bumi Penuh dengan Gunung Api, Kemungkinan Dapat Dihuni

Ada Temuan Planet Baru Sebesar Bumi Penuh dengan Gunung Api, Kemungkinan Dapat Dihuni
Ilustrasi eksoplanet LP 791–18 d.

GLOBALKEPRI.COM. JAKARTA - Para ahli astronomi NASA menemukan eksoplanet dengan ukuran yang hampir sebesar Bumi bernama LP 791–18 d. Planet di luar tata surya ini dipenuhi dengan gunung api di permukaannya.

Melalui jurnal Nature, penemuan ini menjabarkan aktivitas vulkanisme dari eksoplanet LP 791–18 d dan potensinya untuk menyokong sebuah atmosfer.
Tim astronot ini dipimpin oleh Merrin Peterson dari Insitut Riset Eksoplanet (iREx) Universitas Montreal yang dipekerjakan oleh Transiting Exoplanet Survey Satelite (TESS) NASA.

Eksoplanet yang sedikit lebih besar dari bumi ini terletak 90 tahun cahaya dari bagian selatan rasi bintang Crater dan mengorbitkan bintang merah kecil.
Profil eksoplanet ini membuat peneliti menduga adanya kemungkinan untuk dihuni oleh makhluk hidup.

Karakteristik khas dari LP 791–18 d adalah penguncian pasang surut, sebuah fenomena di mana salah satu sisi dari planet tersebut selalu menghadap kepada bintangnya.

Oleh sebab itu, sisi dari LP 791–18 d yang menghadap bintangnya memiliki temperatur yang ekstrem dan tidak dapat dialiri oleh air.

Di sisi lain, tim peneliti juga menemukan aktivitas vulkanik yang banyak dari planet tersebut, membuat air dapat mengembun di sisi lain dari planet ini dan memungkinkan keberadaan air.
Eksoplanet LP 791–18 d ini juga sering berpapasan dengan LP 791–18 c, memengaruhi gravitasi dan trajektori dari planet ini, serta menciptakan gesekan pada interior planet tersebut. Oleh sebab itulah terdapat aktivitas vulkanik di planet LP 791–18 d.

Penemuan ini menarik perhatian peneliti lain. Peneliti percaya bahwa eksoplanet LP 791–18 d merupakan kandidat yang tepat untuk studi atmosferik di masa depan.

 

#Teknologi

Index

Berita Lainnya

Index