Waktu Terbaik Sholat Tahajud, Pahami dan Catat Jamnya!

Waktu Terbaik Sholat Tahajud, Pahami dan Catat Jamnya!
Ilustrasi salat

GLOBALKEPRI.COM. JAKARTA - Menjalankan sholat lima waktu merupakan kewajiban dari setiap umat Islam. Namun selain itu, sebagai kaum muslim juga dianjurkan untuk melaksanakan sholat tahajud walau hukumnya sunnah.

Sebab ada banyak keutamaan yang luar biasa bagi yang menjalankannya. Sholat tahajud menjadi ibadah malam yang istimewa. Maka sangat dianjurkan bagi seluruh umat Islam untuk melakukannya setiap hari.
Sholat tahajud dilakukan setelah terbangun dari tidur di sepertiga malam. Akan tetapi masih belum banyak yang tahu bahwa ada beberapa kategori sepertiga malam yang dituliskan di dalam kitab suci Al-Qur'an dan Sunnah.

Hal itu bisa dijadikan acuan untuk melaksanakan sholat tahajud. Berikut adalah waktu terbaik sholat tahajud yang berhasil dirangkum dari beragam sumber, Jumat (2/6).
Waktu Terbaik Sholat Tahajud Sepertiga Malam yang Pertama
Waktu terbaik sholat tahajud ialah di sepertiga malam. Namun ada beberapa kategori waktu sepertiga malam yang perlu Anda pahami. Waktu itu terjadi pada rentang salat Isya' hingga pukul 22.00.
Namun untuk mengerjakannya harus diawali dengan tidur terlebih dahulu. Perlu dipahami bahwa sebenarnya tidak ada batasan mengenai banyaknya rakaat menjalankan sholat tahajud.
Namun agar tetap keistimewaannya terjaga dan bisa diraih, hendaknya perlu diikuti dengan istiqomah.

Waktu Terbaik Sholat Tahajud Sepertiga Malam yang Kedua
Waktu terbaik sholat tahajud berikutnya adalah di sepertiga malam yang kedua. Biasanya sepertiga malam kedua ini terjadi pada rentan waktu pukul 22.00 hingga 01.00.
Waktu sholat tahajud yang satu ini memang sedikit sulit diterapkan. Karena kebanyakan orang tidak bisa bangun di waktu-waktu tersebut.

Konon, waktu sepertiga malam yang kedua ini dipercaya memiliki fadhilah dan keistimewaan yang besar. Semua itu akan didapatkan seorang kaum muslim apabila menjalankan sholat tahajud.
Waktu Terbaik Sholat Tahajud Sepertiga Malam yang Terakhir
Melaksanakan sholat sunnah pada sepertiga malam terakhir memang adalah waktu yang paling utama. Apabila direntangkan, waktu sepertiga malam terakhir ini terjadi di antara pukul 01.00 hingga sebelum memasuki Subuh.

Dalam hadist riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim disebutkan:
"Setiap malam Allah SWT turun ke langit dunia sampai tersisa sepertiga malam yang terakhir. Ia (Allah) pun berkata," Adakah hamba-Ku yang meminta sehingga pasti Aku berikan apa yang dia minta? Adakah hamba-Ku yang berdoa hingga pasti Aku kabulkan doanya? Adakah hamba-Ku yang ber-istighfar sehingga Aku ampuni dosanya?"
Tata Cara Sholat Tahajud
Sholat tahajud dilakukan sebanyak dua rakaat. Ada beberapa tata cara yang harus dilakukan agar sah dalam melaksanakan ibadah malam penuh keistimewaan satu ini:

1. Membaca niat sholat tahajud

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى
Ushalli sunnatat tahajjudi rak’ataini lillahi ta’ala
Artinya: “Aku menyengaja sembahyang sunah tahajud dua rakaat karena Allah SWT.”

2. Mengucap takbiratul ihram

3. Membaca surah Al-Fatihah

4. Membaca surah Al-Kafirun

5. Melakukan rukuk, iktidal, sujud pertama, duduk di antara dua sujud, dan sujud kedua seperti sholat fardu.

6. Membaca Al-Fatihah.

7. Membaca surah Al-Ikhlas

8. Melakukan rukuk, iktidal, sujud pertama, duduk di antara dua sujud, dan sujud kedua seperti sholat fardu.

9. Duduk dan membaca tasyahud akhir.

10. Salam.

11. Membaca doa sholat tahajud.

اَللهم رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاءُكَ حَقٌّ، وَقَوْلُكَ حَقٌّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهم لَكَ أَسْلَمْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ، فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّي. أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لآ اِلَهَ إِلَّا أَنْتَ. وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ
Artinya: “Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar.”“Demikian pula Nabi Muhammad itu benar. Hari Kiamat itu benar. Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku.”“Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah.”
 

#Hikmah

Index

Berita Lainnya

Index