Doa Kedua Orang Tua Bahasa Arab, Lengkap dengan Latin & Terjemahannya untuk Panduan

Doa Kedua Orang Tua Bahasa Arab, Lengkap dengan Latin & Terjemahannya untuk Panduan
Ilustrasi berdoa.

GLOBALKEPRI.COM. JAKARTA - Doa kedua orang tua Arab akan sangat berguna apabila sering dipanjatkan oleh seorang anak. Doa ini menjadi salah satu bentuk bakti kepada orang tua yang sudah berjuang melahirkan serta mendidik anaknya hingga saat ini.

Orang tua merupakan perantara setiap manusia bisa lahir ke dunia. Perjuangan begitu dramatis hingga mempertaruhkan nyawa rela dilakukan agar kita dapat merasakan hidup di dunia dan menjadi orang berguna kelak.
Sentuhan kelembutan menjadikan anak bisa berkiprah dan menjalani kehidupannya di dunia hingga kini. Tak ayal apabila seseorang dituntut untuk terus berbhakti kepada kedua orang tua meski salah satunya sudah tak ada sekalipun.

Caranya adalah bisa dengan mengirimkan doa dan permohonan ampunan kepada Allah untuk kedua orangtua, baik yang masih ada dan sudah meninggal sebagaimana dijelaskan oleh Syekh M Nawawi melansir dari laman resmi NU Online, Jumat (2/6).
Doa Kedua Orang Tua Bahasa Arab
هَدَايَا الْأَحْيَاءِ لِلْأَمْوَاتِ الدُّعَاءُ وَالْإِسْتِغْفَارُ

Artinya:

Hadiah orang-orang yang masih hidup kepada orang-orang yang telah meninggal dunia adalah doa dan permohonan ampunan kepada Allah (istighfar) untuk mereka. (Lihat: Syekh Nawawi Banten, Nihayatuz Zain, [Beirut, Darul Fikr: tt], halaman: 281).

Ada sejumlah lafal doa yang bisa dibaca dan dipanjatkan seseorang untuk mendoakan kedua orangtuanya seperti berikut:
رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Rabbighfir lī, wa li wālidayya, warham humā kamā rabbayānī shaghīrā.

Artinya:

Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil.
Doa Kedua Orang Tua Bahasa Arab untuk Memohon Ampunan
Tidak hanya dengan mendoakan demi kebaikan kedua orang tua, Anda bisa memanjatkan doa memohon ampunan bagi mereka. Berikut ini adalah doa permohonan ampunan yang diajukan kepada Allah untuk umat Islam secara umum dan bisa dikhususkan kepada kedua orang tua, guru, mereka yang berjasa hingga memiliki hak tertentu atas diri Anda yang belum terselesaikan lantaran berbagai hal:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ مِنْ مَشَارِقِ الْاَرْضِ إِلَى
مَغَارِبِهَا بَرِّهَا وَبَحْرِهَا، خُصُوْصًا إِلَى آبَاءِنَا وَاُمَّهَاتِنَا وَأَجْدَادِنَا وَجَدَّاتِنَا وَأَسَاتِذَتِنَا وَمُعَلِّمِيْنَا وَلِمَنْ أَحْسَنَ إِلَيْنَا
وَلِأَصْحَابِ الحُقُوْقِ عَلَيْنَا

Allāhummaghfir lil muslimīna wal muslimāt, wal mukminīna wal mukmināt, al-ahyā’i minhum wal amwāt, min masyāriqil ardhi ilā maghāribihā, barrihā wa bahrihā, khushūshan ilā ābā’inā, wa ummahātinā, wa ajdādinā, wa jaddārinā, wa asātidzatinā, wa mu‘allimīnā, wa li man ahsana ilainā, wa li ashhābil huquqi ‘alaynā.
Ya Allah, ampunilah mukminin, mukminat, muslimin, muslimat, yang masih hidup, yang telah wafat, yang tersebar dari timur hingga barat, di darat dan di laut, khususnya bapak, ibu, kakek, nenek, ustadz, guru, mereka yang telah berbuat baik terhadap kami, dan mereka yang masih memiliki hak terhadap kami.

Doa Kedua Orang Tua Bahasa Arab Jadi Permohonan Rahmat, Ampunan dan Syafaat
اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ وَارْحَمْهُمْ وَعَافِهِمْ وَاعْفُ عَنْهُمْ. اللَّهُمَّ اَنْزِلِ الرَّحْمَةَ وَالْمَغْفِرَةَ وَالشَّفَاعَةَ عَلَى أَهْلِ الْقُبُوْرِ مِنْ

أَهْلِ لَاالَهَ اِلَّا اللهُ مُحَمَّدٌ رَّسُوْلُ اللهِ

Allāhummaghfir lahum, warhamhum, wa ‘āfihim, wa‘fu ‘anhum. Allāhumma anzilir rahmata, wal maghfirata, was syafā’ata ‘alā ahlil qubūri min ahli lā ilāha illallāhu Muhammadun rasūlullāh.
Artinya:

Ya Allah, berikanlah ampunan, kasih sayang, afiat, dan maaf untuk mereka. Ya Allah, turunkanlah rahmat, ampunan, syafa’at bagi ahli kubur penganut dua kalimat syahadat.

Doa Kedua Orang Tua Bahasa Arab yang Sudah Meninggal
Terakhir, ada doa kedua orang tua yang sudah meninggal. Ada baiknya doa ini ditutup dengan doa sapu jagad, shalawat nabi dan pembacaan surat Al-Fatihah.

رَبَّنَا آتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً، وَفِى الْآخِرَةِ حَسَنَةً، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ، سًبْحَانَ رَبَّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ
وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ، وَصَلَّى اللهُ علَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ. اَلْفَاتِحَةْ

Rabbanā ātina fid duniā hasanah, wa fil ākhirati hasanah, wa qinā ‘adzāban nār. Subhāna rabbika rabbil ‘izzati ‘an mā yashifūna, wa salāmun ‘alal mursalīna, wa shallallāhu ‘alā sayyidinā Muhammadin, wa ‘alā ālihī, wa shahbihī, wa sallama, wal hamdulillāhi rabbil ‘alamīn. Al-Fatihah.

Artinya:

Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungi kami dari siksa api neraka. Maha suci Tuhanmu, Tuhan pemilik kemuliaan, dari segala yang mereka gambarkan. Semoga kesejahteraan melimpah untuk para rasul. Semoga Allah melimpahkan shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan sahabatnya. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam. (baca surat Al-Fatihah).

 

#Hikmah

Index

Berita Lainnya

Index