Taksi Terbang Bukan Lagi Wacana di Indonesia

Taksi Terbang Bukan Lagi Wacana di Indonesia
Foto: Taksi terbang di Hub Space x KAI Expo 2023

GLOBALKEPRI.COM.JAKARTA - Perkenalkan, taksi terbang ini bernama EHang 216. Drone besar ini mampu membawa dua penumpang tanpa pilot lho.

Ehang 216 merupakan moda transportasi masa depan, yaitu taksi terbang yang diperkenalkan oleh Rudy Salim, presiden direktur Prestige Motorcars. Saat ini perusahaannya sedang mengurus regulasi perizinan.

"Ehang 216 kendaran udara tanpa pilot yang bisa mengangkut 2 penumpang. Pilotnya dikontrol oleh ground control. Ini cocok sekali untuk IKN nanti yang mana menggusung konsep urban air mobility atau kendaraann masa depan. Jadi sangat cocok ibu kota negara Indonesia nantinya," kata Rudy kepada detikcom dalam event Hub Space x KAI Expo 2013 di JCC, Jumat (29/9/2023).

Dia menambahkan, taksi terbang ini nantinya bisa digunakan oleh siapapun. Masalah ongkos atau biaya, Rudy mengklaim harganya 4x ongkos taksi.

"Nanti konsep kami sebenarnya untuk di Jakarta atau di kota manapun itu sifatnya menggunakan payment getaway. Jadi kita akan meletakkan beberapa unit di kota tertentu, tinggal pencet pakai aplikasi, masuk dan langsung terbang. Biayanya hanya 3x lipat biaya taksi atau kendaraan normal. Sekitar ratusan ribu," dia menambahkan.

Untuk masalah keamanan, Rudy mengatakan jika pesawatnya ini telah melewati uji coba yang beragam.

"Untuk keamanan sangat terjamin. Karena sudah uji terbang di angin topan, uji coba dengan propeler mati tiga hingga uji terbang dengan GPS mati, dan sangat aman," kata dia.

Rudi menegaskan bahwa taksi terbangnya bukanlah moda transportasi antar kota, namun di dalam kota.

"Jadi kita bergerak di antar kota, misalnya dari Jakarta Utara ke Jakarta Selatan," katanya.

Taksi terbang Ehang 216 ini mampu terbang selama 30 menit. Untuk pengisian daya membutuhkan waktu 1 jam.

Selain menargetkan investasi di IKN, Rudy juga akan meletakkan sejumlah unit di tempat wisata populer.

"Pasti tempat wisata juga kita targetkan seperti Bali, Labuan Bajo , Mandalika," ujar dia.

Di event Hub Space x KAI Expo 2023 ini, traveler bisa melihat rupa taksi terbang Ehang 216 ini. Kamu boleh juga mendekat, melihat interior dalamnya. Tentu saja boleh untuk berfoto -foto.

Nah, dari pada weekend di rumah saja, yuk main ke Hub Space X KAI Expo 2023 yang berlangsung mulai hari ini, Jumat (29/9) hingga Minggu (1/10).

***

Hub Space X KAI Expo 2023 dipersembahkan oleh Kementerian Perhubungan, KAI dan detikcom. Serta didukung oleh : Lion Air Group, PT KCIC, Gojek, MRT, Electrum, PT Pelabuhan Indonesia (Persero), PT BKMS JIIPE Gresik, Pertamina International Shipping, Bluebird Group, Angkasa Pura II, PT MOS (Multi Ocean Shipyard), Celebes Railway Indonesia (CRI), CRRC Qingdao Sifang Co., Ltd, Gapura Angkasa, PT Pelabuhan Tiga Bersaudara, Meratus Line, Angkasa Pura I, INSA, PT KAI, PT ASDP, Biro Klasifikasi Indonesia, Jasa Raharja, PT Pertamina Patra Niaga, PT ASDP, LRT, PT Pelayaran Bahtera Adhiguna, PT Ambang Barito Nusapersada, Astra Group (ISUZU, BMW, Daihatsu), GRAB Indonesia, DAMRI, INKA, Toyota, KIA, Jasa Marga, Wuling, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero), dan PT EMB-INVI.(detik.com)

 

#Teknologi

Index

Berita Lainnya

Index