Gelar Salat Istisqa untuk Minta Hujan, Walkot Cilegon: Bentuk Ikhtiar

Gelar Salat Istisqa untuk Minta Hujan, Walkot Cilegon: Bentuk Ikhtiar
Foto: dok. Pemkot Cilegon

GLOBALKEPRI.COM.JAKARTA - Wali Kota Cilegon Helldy Agustian bersama jajaran Pemerintah Kota Cilegon menggelar salat istisqa di halaman Kantor Wali Kota. Kegiatan ini untuk memohon kepada Allah SWT agar menurunkan hujan di musim kemarau yang berkepanjangan.
"Kita ketahui bersama beberapa bulan ini Kota Cilegon dilanda panas tanpa turunya hujan. Maka dari itu saya mengajak ASN di lingkup Kota Cilegon untuk ikut memanjatkan doa, meminta hujan kepada Allah melalui salat istisqa," kata Helldy dalam keterangan tertulis, Rabu (11/10/2023).

Helldy mengatakan doa bersama dan salat Istisqa itu merupakan bentuk ikhtiar meminta hujan. Hal ini sebagaimana yang diajarkan dalam agama Islam.

"Tentunya salah satu tugas manusia adalah ikhtiar, dan ini adalah bentuk ikhtiar kami, pemerintahan Kota Cilegon untuk mengurangi dampak panas berkepanjangan ini," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Helldy pun mengajak masjid-masjid di Kota Cilegon untuk mengajak masyarakatnya menggelar salat Istisqa bersama dan bermunajat dengan harapan hujan segera datang.

"Tentunya saya berharap Allah meridai doa-doa kami semua untuk menurunkan hujan karena saya percaya bahwa doa adalah senjatanya orang mukmin," tuturnya.

Sementara itu Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Purwakarta Jazuli yang didaulat sebagai imam salat, menyampaikan apresiasi kepada Pemkot Cilegon karena untuk pertama kalinya menggelar salat istisqa.

"Ini bentuk kepedulian pemerintah Kota Cilegon dalam upaya menurunkan hujan setelah panas yang berkepanjangan," ungkapnya.

Sementara itu, KH Inas Nasrullah selaku khatib mengajak umat muslim untuk melakukan introspeksi serta memperbaiki hubungannya dengan Allah SWT.

"Bukan Allah tidak penyayang, tapi manusia itu sendiri yang berubah menjadi sosok yang tak layak untuk disayang. Akhirnya Allah akan memberikan kesulitan dan kesengsaraan. Marilah kita bertaubat kepada Allah SWT. Perbanyak istigfar agar Allah memberikan kasih sayangnya kepada kita, salah satunya dalam bentuk air hujan," ungkapnya.(detik.com)

 

#Nasional

Index

Berita Lainnya

Index