12 Oktober Diperingati Hari Museum Nasional, Berikut Serba-serbinya

12 Oktober Diperingati Hari Museum Nasional, Berikut Serba-serbinya
Museum Nasional Indonesia

GLOBALKEPRI.COM.JAKARTA - Tanggal 12 Oktober diperingati sebagai Hari Museum Nasional. Peringatan Hari Museum di Indonesia setiap 12 Oktober berdasarkan Musyawarah Museum se-Indonesia (MMI) yang pertama digelar di Yogyakarta pada 12-14 Oktober 1962.

Penetapan tanggal 12 Oktober sebagai Hari Museum Nasional dilakukan pada pertemuan Musyawarah Museum se-Indonesia (MMI) tahun 2015 di Malang, Jawa Timur (Jatim). Untuk mengetahui lebih lanjut, simak informasinya berikut:

Sejarah Hari Museum Nasional
Menurut laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), pada tanggal 12-14 Oktober 1962 diselenggarakan Musyawarah Museum seluruh Indonesia (MMI) yang pertama kali di Yogyakarta. Dalam pertemuan itu dihadiri 40 orang.

Di antara 40 orang peserta yang hadir tersebut yaitu termasuk unsur pemimpin, tokoh museum, pemerhati, dan pecinta museum. Sosok Drs. Moh. Amir Sutaarga yang dikenal sebagai Bapak Permuseuman Indonesia juga hadir dalam MMI pertama tersebut.

Resolusi Pengembangan Museum
Musyawarah Museum se-Indonesia (MMI) di Yogyakarta tersebut menghasilkan 10 resolusi yang menjadi acuan kerja pemerintah dalam pengembangan museum di Indonesia. Berikut isi resolusi pengembangan museum:

  • Resolusi tentang perlunya undang-undang tentang permuseuman.
    Resolusi pembentukan Badan Musyawarah Museum Indonesia.
    Resolusi pembentukan National Committee of ICOM.
    Resolusi mengenai desakan agar terutama Pemerintah meningkatkan pemberian bantuan kepada museum-museum yang telah ada.
    Resolusi penambahan jumlah museum.
    Resolusi agar diadakan Musyawarah Museum Seluruh Indonesia II pada tahun 1965 di Jakarta.
    Resolusi tentang pembinaan dan pendidikan macam-macam tenaga museum, melalui kursus-kursus aplikasi, upgrading-courses dan menyokong pikiran pendirian suatu akademi dinas di bidang museologi.
    Resolusi agar museologi masuk ke dalam kurikulum universitas.-Resolusi agar museum secara aktif berfungsi untuk kepentingan sosial, pendidikan, ilmu pengetahuan, dan agama.
    Resolusi agar museum dijadikan alat penggalang persahabatan bangsa-bangsa serta membantu perkembangan kebudayaan dunia.


Penetapan Hari Museum Nasional
Selanjutnya, pada bulan April 2015 diselenggarakan kegiatan diskusi di Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman. Dalam kegiatan diskusi tersebut dibahas tentang penetapan untuk peringatan Hari Museum Nasional.

Kemudian diskusi tersebut dilanjutkan dengan pertemuan Musyawarah Museum se-Indonesia (MMI) pada tanggal 26-28 Mei 2015 di Kota Malang, Jawa Timur (Jatim). Dalam kegiatan ini diusulkan tanggal peringatan Hari Museum Nasional.

Para peserta dalam diskusi pun mengusulkan tanggal 12 Oktober sebagai Hari Museum Nasional. Alasan pemilihan tanggal tersebut berdasarkan diadakannya Musyawarah Museum se-Indonesia (MMI) pertama di Yogyakarta pada 12-14 Oktober 1962.

Pertemuan tersebut dihadiri 250 pengelola Museum di Indonesia. Hasil pertemuan itu selain menetapkan 12 Oktober sebagai Hari Museum Nasional juga membahas isu-isu dan paradigma baru dalam dunia permuseuman untuk kemajuan museum di Indonesia.

Sejak saat itu hingga sekarang, setiap pada tanggal 12 Oktober diperingati sebagai Hari Museum Nasional atau disebut juga Hari Museum Indonesia. Peringatan ini menjadi hari penting dalam permuseuman di Indonesia.(detik.com)

 

#Nasional

Index

Berita Lainnya

Index