IKN Banjir Proyek Swasta, Total Investasi Rp 45 Triliun

IKN Banjir Proyek Swasta, Total Investasi Rp 45 Triliun
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau proyek IKN Nusantara di Kalimantan Timur.Foto: Aulia Damayanti

GLOBALKEPRI.COM.JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan sejauh ini sudah ada 13 proyek swasta yang dikerjakan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Total investasi swasta yang sedang dikerjakan ini mencapai Rp 45 triliun.

"Kemarin sudah ada 10 swasta groundbreaking yang sebelumnya ada 3 saja dengan total keseluruhannya yang sudah mulai dipekerjakan sekarang ini Rp 45 triliun dari sektor swasta," kata Basuki dalam sambutannya di acara Malam Penganugerahan Konstruksi Indonesia 2023 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (3/11/2023).

Sementara itu pihak pemerintah melalui Kementerian PURP sendiri sudah membangun infrastruktur dasar yang terdiri dari 85 paket pengerjaan. Adapun total anggaran untuk proyek yang dikerjakan pemerintah sendiri mencapai lebih dari Rp 60 triliun.

"Sedangkan dari basic infrastruktur yang dikerjakan oleh pemerintah, dari 85 paket pengerjaan dengan total anggarannya lebih dari Rp 60 triliun, ini hanya di IKN," tuturnya.

Bila ditotal, sejauh ini sudah ada 98 proyek (85 pemerintah + 13 swasta) pengerjaan baik dari pemerintah maupun swasta di IKN Nusantara, dengan total nilai lebih dari Rp 105 triliun (Rp 60 triliun pemerintah + Rp 45 triliun swasta).

Tidak berhenti di sana, Basuki mengaku pada Desember atau Januari saja pemerintah akan kembali melakukan groundbreaking untuk proyek pembangunan yang dilakukan perusahaan swasta. Artinya daftar proyek di IKN akan terus bertambah dan memperkaya infrastruktur di kawasan tersebut.

Mulai dari gedung perkantoran, rumah sakit, sekolah, hotel, mal, hingga training center untuk PSSI akan tersedia di ibukota baru tersebut. Tidak hanya itu, Basuki mengatakan nantinya IKN akan menjadi kota ramah lingkungan dengan memanfaatkan sumber listrik dari PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya).

"Desember nanti atau januari akan ada beberapa groundbreaking lagi dari swasta yang tentunya akan berinvestasi di IKN," ungkap Basuki

"Beragam jasa konstruksi yang dibutuhkan di sana atau konstruksi yang akan dikerjakan mulai dari rumah sakit, sekolah, hotel, mal, training center, untuk PSSI, dan banyak lagi, perkantoran sudah jelas dan jalan tol, air minum, air limbah, semua sudah mulai dikerjakan termasuk PLTS atau tenaga surya," jelasnya lagi.(detik.com)

 

#Ekonomi & Bisnis

Index

Berita Lainnya

Index