KPU: Seluruh Capres Menjawab Lugas Pertanyaan Sesuai Perspektifnya

KPU: Seluruh Capres Menjawab Lugas Pertanyaan Sesuai Perspektifnya
Foto: Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari

GLOBALKEPRI.COM.JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI selesai menggelar debat perdana capres 2024. KPU menilai dalam debat perdana ini, pasangan calon Presiden dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan lugas.

"Kita mengikuti bersama pertanyaan-pertanyaan yang diajukan semuanya kan lugas oleh masing-masing calon presiden kepada calon presiden yang lain," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023).

"Demikian juga ketika menjawab, juga masing-masing calon presiden lugas menjawab sesuai dengan perspektifnya masing-masing ketika diajukan sejumlah pertanyaan," sambungnya.

Hasyim mengatakan debat berjalan sesuai 6 segmen yang telah dibuat. Hasyim memastikan tidak ada settingan dalam debat tersebut.

"Segmen 2 dan segmen 3 pertanyaan-pertanyaan yang diajukan adalah pertanyaan yang dikonseptualisasi oleh tim panelis," ujarnya.

"Kemudian untuk debat segmen yang ke-4 dan 5 itu adalah pertanyaan yang diajukan oleh calon presiden sendiri-sendiri dan kemudian ditanggapi oleh calon presiden sendiri-sendiri, sehingga dengan begitu orisinalitas pertanyaan juga menjadi orisinalitas masing-masing calon presiden yang tidak bisa disetting-setting, diprediksi akan tanya apa," lanjut dia.

Namun, Hasyim tak dapat memastikan jika debat itu berjalan menarik atau tidak. Sebab, kata dia, penilaian itu hanya dapat diberikan oleh masyarakat.

"Ini setidak-tidaknya KPU berikhtiar supaya suasana debat atau perdebatan antar calon presiden terhadap tema yang diusung pada debat pertama ini dikupas oleh masing-masing calon presiden, tentu sesuai dengan perspektif dan data dan juga cara pandang masing-masing calon presiden," tuturnya.

Selanjutnya, KPU akan menggelar debat kedua pada Jumat (22/12). Namun, Hasyim belum dapat membeberkan lokasi debat kedua.(detik.com)

 

#Olahraga

Index

Berita Lainnya

Index