Panglima Israel Sebut Perang di Gaza Akan Berlangsung Berbulan-bulan Lagi

Panglima Israel Sebut Perang di Gaza Akan Berlangsung Berbulan-bulan Lagi
Asap mengepul menyusul pemboman Israel di Rafah, Jalur Gaza ( AP/Fatima Shbair).

GLOBALKEPRI.COM.JAKARTA - Panglima militer Israel Herzi Halevi mengatakan perang dengan Hamas di Gaza, Palestina tak akan berakhir dalam waktu dekat. Dia menyebut perang akan terjadi dalam beberapa bulan.

Dilansir Kantor Berita AFP, Selasa (26/12/2023), perang Israel dengan kelompok militan Palestina Hamas di Jalur Gaza akan berlangsung "berbulan-bulan lagi," kata panglima militer Israel Herzi Halevi.

Perang "akan berlanjut selama berbulan-bulan lagi, dan kami akan bekerja dengan metode berbeda agar pencapaian kami dapat dipertahankan untuk waktu yang lama", kata Halevi pada konferensi pers yang disiarkan televisi.

"Tidak ada solusi ajaib, tidak ada jalan pintas untuk memberantas organisasi teroris secara menyeluruh kecuali bersikap keras kepala dan bertekad dalam memeranginya," ucapnya.

Halevi mengatakan tentara memusatkan upayanya di selatan Jalur Gaza, dan menambahkan bahwa banyak "teroris telah dibasmi dan ratusan lainnya ditawan."

Israel Klaim Bunuh 100 Hamas
Israel mengklaim telah menewaskan lebih dari 100 anggota Hamas dalam operasi militer di area kamp pengungsi Jabalia di Jalur Gaza bagian utara. Disebut juga oleh Tel Aviv bahwa pasukannya menemukan markas bawah tanah Hamas di area tersebut.

"Markas bawah tanah Hamas di kamp Jabalia, terungkap dan dihancurkan dalam operasi (militer Israel). Operasi itu mencakup pertempuran sengit yang menewaskan lebih dari 100 teroris dan ratusan senjata ditemukan, disita, dan dihancurkan," sebut juru bicara militer Israel, Peter Lerner, dalam pernyataannya seperti dilansir Al Arabiya, Selasa (16/12/2023).

"Sebagai bagian dari operasi, dan berdasarkan informasi intelijen awal, pasukan mengungkap jaringan terowongan strategis yang berfungsi sebagai markas esar Hamas di Gaza bagian utara. Markas bawah tanah, yang terdiri atas dua tingkat -- tingkat pertama sedalam sekitar 10 meter dan tingkat kedua sedalam puluhan meter," tuturnya.

Persenjataan yang disita, sebut Lerner, ditemukan di dalam markas bawah tanah Hamas tersebut. Menurut Lerner, pasukan Israel juga menemukan tempat pembuatan senjata dan tempat persembunyian darurat.

"Jaringan terowongan, dengan banyak rute, digunakan untuk mengarahkan pertempuran dan pergerakan teroris," ucapnya.

"Di kedalaman markas militer (Hamas), pasukan (Israel) menemukan senjata, infrastruktur untuk pembuatan senjata, dan tempat persembunyian darurat. Jaringan itu terkoneksi dengan terowongan menuju kediaman Komandan Brigade Utara Hamas, Ahmad Andur," jelas Lerner dalam pernyataannya.

"Jaringan bawah tanah itu juga melewati sekolah dan rumah sakit," sebutnya.

 

#Olahraga

Index

Berita Lainnya

Index