7 Surat Pembuka Rezeki, Yuk Baca Setiap Hari

7 Surat Pembuka Rezeki, Yuk Baca Setiap Hari
Berdoa. Foto: Getty Images/golfcphoto

GLOBALKEPRI.COM.JAKARTA - Di dalam Al-Qur'an setidaknya terdapat tujuh surat pembuka rezeki yang bisa dibaca oleh kaum muslimin. Surat-surat ini dapat berguna untuk memudahkan siapa pun yang membaca dalam mencari rezeki. Apa saja surat itu?

Rezeki setiap makhluk di dunia ini sudah diatur oleh Allah SWT, Sang Pemberi Rezeki. Tidak ada satu pun yang luput dari rahmat-Nya dan karunia-Nya, sehingga seseorang tidak perlu khawatir tentang hal tersebut.

Ainun Lathifah menjelaskan dalam bukunya yang berjudul Teruntuk Perempuan Beriman, Allah SWT sudah menjamin rezeki seluruh makhluk-Nya. Hal ini sesuai dengan firman-Nya dalam surah Hud ayat 6 yang berbunyi,

۞ وَمَا مِنْ دَاۤبَّةٍ فِى الْاَرْضِ اِلَّا عَلَى اللّٰهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۗ كُلٌّ فِيْ كِتٰبٍ مُّبِيْنٍ ٦

Artinya: Tidak satu pun hewan yang bergerak di atas bumi melainkan dijamin rezekinya oleh Allah. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semua (tertulis) dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuz).

Meski demikian, tidak ada salahnya jika seorang yang beriman meminta kepada Allah SWT agar dilancarkan rezekinya dengan membaca doa atau surat-surat dalam Al-Qur'an.

Untuk itu, terdapat tujuh surat pembuka rezeki di dalam Al-Qur'an yang bisa diamalkan setiap hari. Berikut selengkapnya!

7 Surat Pembuka Rezeki
1. Surat Al Fatihah
Dikutip dari buku Agar Rezekimu Tak Seret oleh Rizem Aizid, surat pembuka rezeki yang pertama adalah surat Al Fatihah. Barang siapa yang membaca surah pertama dalam Al-Qur'an tersebut maka Allah SWT akan membukakan pintu rezeki dan mengatasi berbagai kesusahannya.

Baca surat Al Fatihah di sini.

2. Surat Al Ikhlas
Surat pembuka rezeki yang kedua dalam Al-Qur'an adalah surah Al-Ikhlas. Surat ini memiliki banyak keutamaan apabila dibaca oleh seorang muslim.

Salah satu keutamaannya adalah pahala membaca surat Al Ikhlas sama dengan membaca Al-Qur'an sebanyak 10 juz. Jika dibaca sebanyak tiga kali, maka pahalanya setara dengan membaca Al-Qur'an 30 juz.

Selain itu, surat Al Ikhlas juga memiliki keutamaan untuk dibukakan pintu rezeki dan menjauhkan dari kekurangan. Keutamaan ini didapatkan apabila seseorang mau membaca Al Ikhlas sebanyak 1000 kali setiap hari.

Baca surat Al Ikhlas di sini.

3. Surat Al Waqiah
Nasrudin, Husnu Akib, dan QultumMedia dalam buku yang berjudul Amalan-Amalan Pembuka Pintu Rezeki menjelaskan bahwa surat pembuka pintu rezeki selanjutnya adalah surat Al Waqiah.

Surat Al Waqiah memiliki banyak keutamaan. Salah satunya adalah menghindarkan seseorang dari kemelaratan. Diriwayatkan dari Abdulah bin Mas'ud, bahwa Rasulullah SAW bersabda,

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْوَاقِعَةِ كُلَّ لَيْلَةٍ لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةٌ أَبَدًا .

"Barangsiapa membaca Surat Al-Waqi'ah tiap malam maka ia tidak akan tertimpa kefakiran (kemelaratan) selamanya." (HR. Imam Baihaqi)

Baca surat Al Waqiah di sini.

4. Surat Al Mulk
Barang siapa membaca dan memahami serta mengamalkan surat Al Mulk, maka dirinya termasuk orang-orang yang bertawakal. Sedangkan Allah SWT menjamin akan memenuhi semua kebutuhan orang-orang yang bertawakal.

Allah SWT berfirman dalam surah Ath Thalaq ayat 3 yang berbunyi,

وَّيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُۗ وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسْبُهٗ ۗاِنَّ اللّٰهَ بَالِغُ اَمْرِهٖۗ قَدْ جَعَلَ اللّٰهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا ٣

Artinya: dan menganugrahkan kepadanya rezeki dari arah yang tidak dia duga. Siapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)-nya. Sesungguhnya Allahlah yang memutuskan urusanya-Nya. Sungguh, Allah telah membuat ketentuan bagi setiap sesuatu.

Baca surat Al Mulk di sini.

5. Surat Al Muzzammil
Surat Al Muzzammil merupakan surat yang ke-73 dalam Al-Qur'an. Secara keseluruhan, surat ini mengandung sebanyak 20 ayat. Nama surat ini dapat diartikan sebagai "Orang yang berselimut".

Salah satu manfaat surat Al Muzzammil adalah dapat memudahkan semua urusan dunia dan urusan akhirat seseorang, termasuk sebagai pembuka pintu rezeki.

Baca surat Al Muzzammil di sini.

6. Surat Al Lail
Surat pembuka pintu rezeki yang keenam adalah surat Al Lail. Dalam surat tersebut diterangkan bahwa orang yang bertakwa akan dimudahkan oleh Allah SWT mengerjakan perbuatan-perbuatan takwa sehingga memperoleh kebahagiaan.

Artinya, dengan membaca surat Al Lail maka seseorang tersebut akan tergolong sebagai orang yang bertakwa dan akan memperoleh kebahagiaan, termasuk dalam urusan rezeki.

Baca surat Al Lail di sini.

7. Surat Al Insyirah
Surat Al Insyirah merupakan surat yang ke-94 dalam Al-Qur'an. Nama lain surat ini adalah Asy-Syarh atau Alam Nasyrah.

Surat Al Insyirah terkenal juga sebagai surat yang memiliki manfaat untuk membuka rezeki dan mempermudah urusan.

Baca surat Al Insyirah di sini.

Tags:

Surat

Surah

Al-Qur'an

Amalan

Rezeki

Ibadah

Doa

(detik.com)

#Hikmah

Index

Berita Lainnya

Index