Pemerintah Gelar Sidang Isbat Penetapan Idul Fitri Malam Ini

Pemerintah Gelar Sidang Isbat Penetapan Idul Fitri Malam Ini
Ucapan Idul Fitri 2024. (net)

GLOBALKEPRI.COM.JAKARTA- Kementerian Agama (Kemenag) RI akan menggelar sidang isbat penetapan Idul Fitri 2024 atau 1 Syawal 1445 H malam ini. Sidang Isbat ini akan digelar secara tertutup.

Dikutip dari situs resmi Kemenag, Selasa (9/8/2024) sidang isbat penetapan Idul Fitri 1445 H/2024 akan dilaksanakan pada:

Hari, tanggal: Selasa, 9 April 2024 / 29 Ramadan 1445 H
Tempat: Auditorium HM. Rasjidi, Kantor Kemenag RI, Jalan MH. Thamrin, Jakarta
Sifat: tertutup.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat Islam, Kamaruddin Amin menyebutkan pelaksanaan sidang isbat merupakan penetapan secara formal sesuai undang-undang. Dasar hukum sidang isbat tercantum dalam Pasal 52 A Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2006 tentang Perubahan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1989 tentang Peradilan Agama.

Pasal itu menyebutkan, Pengadilan Agama memberi isbat kesaksian rukyat hilal dalam penentuan awal bulan pada tahun hijriah.

"Meski semua orang sudah mengetahui posisi hilal, tapi sidang isbat tetap harus dilakukan, karena sidang isbat selain forum penetapan formal, juga forum silaturahmi dan literasi," kata Kamaruddin Amin.

Sidang isbat juga merupakan wadah musyawarah organisasi masyarakat Islam, pakar falak dan astronomi, lembaga terkait (BMKG, BIG, Planetarium, ITB Bosscha, UIN, dan lainnya) dalam menentukan bersama waktu memulai ibadah puasa dan berhari raya untuk kemaslahatan umat dan Ukhuwah Islamiyah.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat Islam, Kamaruddin Amin juga menerangkan, sidang isbat dilaksanakan secara tertutup, dan dihadiri Komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI, duta besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam, serta Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama. (*)

Berita Lainnya

Index