KONI Kepri Siapkan Atlet Mengikuti Pelatda Menuju PON 2024

KONI Kepri Siapkan Atlet Mengikuti Pelatda Menuju PON 2024
KONI Kepri segera menggelar Pelatda untuk persiaoan atlet menuju PON Aceh-Sumut 2024. (ist)

GLOBALKEPRI.COM.BATAM- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kepulauan Riau (Kepri) terus menggeber persiapan para atletnya untuk mengarungi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh Sumut 2024. Sebanyak 112 atlet dari 30 cabang olahraga (cabor) telah disiapkan untuk berlaga di ajang ini, dengan target meraih prestasi terbaik dan mengharumkan nama Kepri.

Salah satu langkah penting dalam persiapan tersebut adalah melalui Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) yang akan dimulai pada awal Mei 2024.

Ketua Umum KONI Kepri, Usep RS, menegaskan bahwa Pelatda ini menjadi wadah untuk mematangkan kemampuan dan kekompakan para atlet sebelum berlaga di PON.

"Nantinya, para atlet yang lolos PON akan dipanggil dan mengikuti Pelatda sesuai dengan Surat Keputusan Badan Pengurus (SK BP) dan Peraturan Pemerintah (PP) Cabor serta Surat Keputusan dari Badan Pusat (BP) PON Aceh-Sumut 2024," jelas Usep RS.

Lebih lanjut, Usep RS mengungkapkan rasa bangganya atas prestasi yang telah diraih oleh para atlet Kepri dalam Babak Kualifikasi Pra PON. Dengan torehan 16 emas, 17 perak, dan 7 perunggu, serta 30 cabor dan 112 atlet yang lolos PON, Usep RS optimistis bahwa Kepri dapat meraih hasil yang lebih baik di PON XXI Aceh Sumut 2024.

"Pelatda akan berlangsung selama tiga bulan, dari pertengahan Mei hingga menjelang PON di bulan September. Dalam kurun waktu tersebut, para atlet akan ditempa dan difasilitasi secara menyeluruh, baik dari segi uang saku, kesehatan, maupun mental, untuk menjadi atlet juara. Total, ada 178 orang yang terlibat, termasuk atlet, pelatih, oficial, dan pendamping dari KONI dan Dinas Pemuda dan Olahraga," terang Usep RS.

Dukungan penuh juga diberikan oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kepri, Drs. Muhammad Ikhsan. Ia memastikan bahwa pemerintah provinsi telah mempersiapkan anggaran yang matang untuk mendukung kesuksesan para atlet Kepri di PON 2024.

"Sarana, prasarana, dan pendukung lainnya telah kami siapkan dengan baik. Dari segi potensi, kontingen Kepri telah menunjukkan peningkatan yang signifikan dari sebelumnya, dan kami yakin target prestasi bisa tercapai dengan kerjasama yang solid," ujar Muhammad Ikhsan.

Muhammad Ikhsan juga menekankan pentingnya fokus pada cabang olahraga unggulan dan kerjasama yang erat antara atlet dan pelatih.

"Kami meminta KONI untuk memaksimalkan potensi atlet, terutama pada cabang olahraga unggulan, dengan melibatkan seluruh pihak terkait," tambahnya.

Menutup sambutannya, Usep RS mengajak seluruh masyarakat Kepri untuk memberikan doa, dukungan, dan semangat demi kesuksesan para atlet Kepri dalam meraih prestasi dan mengharumkan nama Kepri di PON XXI Aceh Sumut 2024.

"Terutama untuk pemerintah daerah kabupaten/kota di Kepri yang atlitnya lolos PON menjadi atensi bagi pemerintah dan KONI daerah, terutama Kota Batam karena 89% adalah atlit asal Kota Batam," ujarnya. (*)

Berita Lainnya

Index