Kadiskominfo Kepri Ajak Seluruh Masyarakat Beralih ke TV Digital

Kadiskominfo Kepri Ajak Seluruh Masyarakat Beralih ke TV Digital
Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad saat mencoba TV digital di rumah warga. (Istimewa)

GLOBALKEPRI.COM, Batam - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Hasan mengajak seluruh lapisan masyarakat beralih dari TV analog ke TV digital.

Hasan mengatakan, saat ini Kominfo RI telah melaksanakan Analog Switch Off (ASO) atau peralihan TV Analog ke TV Digital.

Lanjut Hasan, ini merupakan saatnya masyarakat yang masih menggunakan TV analog agar tetap bisa menerima siaran digital, maka perangkat TV harus diberi perangkat Set Top Box (STB).

"Masyarakat terlebih dahulu harus mengecek apakah perankat TVnya sudah siap menerima siaran digital atau tidak. Apabila sudah siap, otomatis siaran langsung diterima. Namun, jika belum maka hanya perlu membeli perangkat tambahan bernama Set Top Box," kata Hasan, Selasa (31/5/2022).

Hasan juga menjelaskan kegunaan STB dalam menerima siaran digital. Diungkapkannga bahwa STB adalah alat untuk mengkonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan di TV analog biasa," ujarnya.

Selain itu, dirinya juga menjelaskan bahwa Kominfo Provinsi Kepri telah mulai melakukan pembagian STB tahap I kepada masyarakat kurang mampu di Kepri.

Hingga saat ini, tercatat pihaknya telah membagikan 31.821 ke 4 kabupaten/kota dengan rincian pembagian, 19.368 untuk masyarakat Kota Batam, 4.836 STB untuk mamasyarakat Kota Tanjungpinang, 3.047 STB untuk masyarakat Kabupaten Bintan dan 4.300 STB untuk masyarakat Kabupaten Karimun.

"Pembagian STB ini bekerjasama dengan PT Pos Indonesia. Kami juga mengajak seluruh lapisan masyarakat yang memiliki ekonomi cukup atau tidak termasuk ke dalam daftar pembagian STB untuk membeli STB di toko elektronik terdekat, harganya sangat terjangkau mulai dari Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu," tutupnya.

#Teknologi

Index

Berita Lainnya

Index