Kesan Pertama Kadispora Batam yang Lumayan Menggoda

Kesan Pertama Kadispora Batam yang Lumayan Menggoda
Serah terima jabatan Kadispora Batam

Oleh: Aldi Samjaya
Wakil Ketua Umum KONI Batam


Pada hari Jumat (03/06/22), tepat pukul 13.31 WIB, saya sampai di kantor Dispora Batam di kawasan Batam Center. Dengan agenda menghadiri serah terima jabatan Kadispora Batam dari pejabat sebelumnya Muhammad Tahir kepada pejabat baru, Zulkarnain. Saya hadir mewakili Ketua Umum KONI Batam, Iskandar Alamsyah.

Saat saya masuk ke ruang pertemuan yang berada  di lantai dua kantor Dispora Batam, acara baru saja dimulai. Saat itu Kadispora Batam yang baru, Zulkarnain tengah memberikan sambutan.

Tadinya saya pikir saya datang paling duluan atau sudah tepat waktu. Karena dalam undangan tertera acara dimulai pada pukul 13.30 WIB. Ternyata tidak, saya justru terlambat.

Dalam hati saya bergumam, boleh tahan juga kadispora yang baru ini, untuk urusan kedisiplinan. Lazimnya di banyak acara, jika undangan 13.30 WIB, acara baru dimulai setegah atau satu jam setelahnya.

Awalnya saya mendengarkan sambutan Kadispora Batam yang baru ini biasa saja. Tapi semakin kemari, saya semakin tertarik dengan apa yang disampaikannya.

"Kita harus melakukan hal besar dan bermanfaat, terkait urusan kepemudaan serta olahraga di Kota Batam ini. Kita mesti berani berbuat dan berpikir secara out of the box," ujar Zulkarnain dalam sambutannya.

Tak lupa, Zulkarnain juga menyinggung tentang pentingnya Batam memiliki peraturan daerah terkait kepemudaan dan keolahragaan, peran pihak swasta dalam mendukung prestasi olahraga Batam, sinergi dispora dengan stakeholder, konsep desain besar olahraga kota (DBOK) Batam dan lainnya.

Bahkan dengan beraninya, dia menantang insan olahraga Batam memikirkan, bagaimana ke depan, Kota Batam bersama  jajaran terkait di Provinsi Kepri tentunya, berani menawarkan diri menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON).

Diakhir acara, saya sempat berdiskusi singkat dengan kadispora. Sembari saya menyampaikan apresiasi atas visi dan konsepnya dalam memimpin Dispora Batam.

Tak lupa saya sampaikan, bahwa terlepas dari berbagai rencana yang bakal dia lakukan selama memimpin Dispora Batam. Setidaknya terdapat tiga catatan atau kesan awal yang membuat saya memberikan apresiasi kepada kadispora yang baru ini.

Pertama; terkait kedisiplinan, yang tergambar saat memulai acara serah terima. Kedua; terobosan kadispora yang turut mengundang para stakeholder, seperti KONI, KNPI, Pramuka dalam acara serah terima jabatan Kadispora Batam dan ketiga; tekad Dispora yang bakal melibatkan atau mengundang KONI dan stakeholder lainnya dalam berbagai acara yang mereka gelar ke depannya.

"Hari minggu depan, ada acara sepeda santai di Engku Puteri, saya sudah buat undangan untuk KONI dan stakeholder lainnya, kita meriahkan kegiatan itu," ujar Zulkarnain.

Menanggapi undangan kadispora itu, saya sampaikan; "Pak kadis, saya berharap agar ke depan, pada setiap kegiatan keolahragaan, jangan segan dan lupa untuk mengundang atau melibatkan KONI. Semoga dengan sinergi yang terus lebih baik, pembinaan dan prestasi olahraga Batam juga semakin baik," ujar saya sambil pamit diri untuk melanjutkan aktivitas lain. **

#Kepri

Index

Berita Lainnya

Index