Melihat Kakbah dari Menara Jam Makkah

Melihat Kakbah dari Menara Jam Makkah
Penampakan kakbah dan menara jam Makkah

GLOBALKEPRI.COM.MAKKAH- Selain Ka'bah yang jadi ikon utama, Makkah, Arab Saudi juga punya Menara Jam atau Makkah Royal Clock Tower yang lokasinya persis berada di sebelah Masjidil Haram. Lokasi di mana Ka'bah yang jadi kiblat umat Muslim berada.

Menara jam ini adalah salah satu bangunan tertinggi di dunia. Dengan ketinggian 601 meter, tower ini berada di urutan ketiga bangunan tertinggi di dunia setelah Shanghai Tower di China dan Burj Khalifa di Dubai. Bahkan untuk menara jam, Makkah Royal Clock adalah bangunan tertinggi di dunia.

Selain sebagai pusat bisnis seperti hotel dan pusat perbelanjaan, tower ini juga memiliki museum astronomi di dalamnya. Mesin jam berukuran besar yang selalu dirawat juga jadi daya tarik tersendiri. Belum lagi menara pandang di mana pengunjung bisa melihat aktivitas di Masjidil Haram, terutama jemaah tawaf di Ka'bah.

CNNIndonesia.com berkesempatan untuk naik dan menikmati langsung isi menara dan pemandangan Kota Makkah dari atas ketinggian.

Di bagian pertama, pengunjung bisa melihat museum astronomi. Fenomena astronomi dari mulai keajaiban semesta, pemandangan galaksi Bimasakti (Milky way), hingga pergerakan tata surya bisa dinikmati lengkap dengan replika matahari, bumi, serta planet-planet lainnya.

Ada pula ilustrasi jadwal salat yang terkait dengan pergerakan matahari, ilustrasi kemunculan bulan baru atau hilal dalam penanggalan Hijriah dan hal yang berkaitan dengan astronomi lain.

Waktu di bumi juga dihitung detail di sini mulai dari jam, menit, detik, mili, micro, hingga nano.

Selesai melihat museum astronomi, pengunjung bisa melihat ketinggian Makkah dari beranda observasi. Beranda pengamatan ini menghadap langsung ke Ka'bah sehingga bisa dilihat jemaah umrah yang tengah tawaf.

Pengelola gedung juga menyediakan sajadah yang bisa digunakan untuk pengunjung salat. Banyak pengunjung yang memanfaatkan tempat ini untuk salat sembari berdoa. Tak perlu repot mencari arah Ka'bah karena kiblat terlihat langsung di depan.

Salat di salah satu gedung tertinggi di dunia ini seolah beribadah dan berdoa kepada tuhan sambil menyentuh langit.

Menara Jam ini juga sangat indah saat malam hari dengan tata lampu yang dimiliki. Keindahan menara ini jadi daya tarik tersendiri bagi jemaah haji atau umrah untuk berfoto dengan latar belakang bangunan megah ini. **

#Hikmah

Index

Berita Lainnya

Index