Jurnalis Israel Masuk Kota Suci Makkah, Tuai Kecaman

Jurnalis Israel Masuk Kota Suci Makkah, Tuai Kecaman
Jurnalis Israel, Gil Tamary

GLOBALKEPRI.COM.MAKKAH- Jurnalis berkebangsaan Israel, Gil Tamary, bikin geger. Dia pamer masuk Mekah dan nge-vlog selama di berada di kota suci itu, dikecam, dan berujung meminta maaf kepada publik.

Gil Tamary adalah seorang jurnalis untuk televisi Israel. Di akun Twitternya, Tamary mendeskripsikan diri sebagai Chief International News Editor and Commentator News 13 Israel.

Gil Tamary baru-baru ini bikin heboh dengan mengunjungi kota suci Mekah di Arab Saudi. Padahal, sudah jelas ada larangan dilarang berkunjung ke Mekah bagi mereka yang nonmuslim. Tamary adalah seorang Yahudi.

Publik pun marah. Bukan hanya umat muslim yang mengecamnya, tetapi warga Israel pun tidak habis pikir dengan tindakannya.

Pamer Lewat Vlog

Selama berkunjung ke Mekah, Tamary mengabadikan setiap momennya dengan merekam video. Dalam video vlog itu, terlihat Tamary tengah berkendara di bawah gerbang ikonik Mekah dan melewati Masjidil Haram, tempat Ka'bah berlokasi.

Selama di Mekah, Tamary bepergian naik mobil. Namun, wajah pengemudi dalam video itu diburamkan. Tamary juga terlihat di Gunung Arafat, sekitar 15 kilometer dari Mekah, tempat umat Islam berkumpul selama menjalankan ibadah haji.

Lewat akun Twitternya, Gil Tamary meminta maaf. Kunjungannya ke Mekah tidak bermaksud menyinggung dan membuat umat Islam marah.

"Peringatan: Saya ingin menegaskan kembali, bahwa kunjungan ke Mekah ini tidak dimaksudkan untuk menyinggung umat Islam, atau orang lain. Jika ada yang tersinggung dengan video ini, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya," cuit Tamary, Selasa (19/7).

Tamary menyebut tujuan dia nge-vlog adalah untuk menunjukkan betapa pentingnya Mekah dan untuk menunjukkan indahnya toleransi beragama. Selain itu, dia bilang tindakannya itu dilakukan sebagai bentuk kerja jurnalistik.

"Sekali lagi, jika ada yang tersakiti atau tersinggung dengan ini, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Kami tidak punya niat seperti itu," kata dia.

Alasan Arab Saudi Melarang Nonmuslim Masuk Mekah

Mengutip situs resmi NU.or.id, Arab Saudi melarang masuk nonmuslim ke Mekah itu sejalan dengan hukum Islam. Disebut bahwa tanah suci Mekah dilarang dimasuki oleh warga nonmuslim. Nonmuslim bahkan dilarang mendekati Mekah.

Itu bisa dilihat dalam Al Quran surat At-Taubah ayat 28.


بَعْدَ عَامِهِمْ هٰذَا ۚوَاِنْ خِفْتُمْ عَيْلَةً فَسَوْفَ يُغْنِيْكُمُ اللّٰهُ مِنْ فَضْلِهٖٓ اِنْ شَاۤءَۗ اِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ حَكِيْمٌ

"Wahai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya orang-orang musyrik itu najis (kotor jiwa), karena itu janganlah mereka mendekati Masjidil Haram setelah tahun ini. Dan jika kamu khawatir menjadi miskin (karena orang kafir tidak datang), maka Allah nanti akan memberikan kekayaan kepadamu dari karunia-Nya, jika Dia menghendaki. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui, Mahabijaksana". **

#Internasional

Index

Berita Lainnya

Index