Jokowi dan Xi Jinping Saling Lempar Pujian

Jokowi dan Xi Jinping Saling Lempar Pujian
Presiden RI, Joko Widodo dan Presiden China, Xi Jinping

GLOBALKEPRI.COM.BEIJING- Presiden RI Jokowi dan Presiden China Xi Jinping saling melempar pujian saat melakukan pertemuan bilateral. Dua pimpinan negara itu memuji pencapaian dalam penanganan COVID-19.

Dalam keterangan dari Kemlu RI, Selasa (26/7/2022), Jokowi dan Xi Jinping melakukan pembicaraan yang ramah dan bersahabat. Keduanya bertukar pandangan soal isu internasional dan regional.

Dalam pertemuan itu, Jokowi dan Xi Jinping juga saling memuji pencapaian kedua negara dalam memerangi pandemi Corona serta bagaimana RI dan China mengamankan pembangunan ekonomi.

Jokowi dan Xi Jinping turut menyepakati kemitraan strategis komprehensif antara RI dan China telah mempertahankan momentum pembangunan sejak 2013. RI-China dijelaskan telah menjalin sinergi baru melalui empat pilar kerjasama antara politik, ekonomi, people to people exchanges, dan proyek maritim.

Sebelumnya, pertemuan Jokowi dengan Xi Jinping berlangsung di Villa 14, Diaoyutai State Guesthouse, Beijing. Jokowi disambut langsung oleh Xi Jinping. Keduanya kemudian berfoto bersama.

Setelah itu, Jokowi dan Xi Jinping menuju ruang pertemuan. Dalam sambutannya, Xi Jinping mengucapkan selamat datang dan menyampaikan kegembiraannya dapat bertemu langsung dengan Jokowi.

"Yang Mulia adalah Kepala Negara pertama yang diterima pihak Tiongkok setelah Olimpiade Musim Dingin Beijing. Hal ini cukup membuktikan betapa mesranya antara hubungan kedua pihak," ucap Xi Jinping dalam keterangan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Jokowi dalam sambutannya turut menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat kepada dirinya dan delegasi Indonesia. Dalam pertemuan bilateral itu, Jokowi dan Xi Jinping menyampaikan komitmen untuk memperkuat kerja sama ekonomi. **

#Internasional

Index

Berita Lainnya

Index