Ternyata Ini Bahaya Jengkol Buat Tubuh

Ternyata Ini Bahaya Jengkol Buat Tubuh
Santapan Jengkol

GLOBALKEPRI.COM.BATAM- Jengkol memang punya rasa yang menggiurkan. Tapi, hati-hati karena makanan satu ini bisa menimbulkan bahaya jika dikonsumsi berlebihan.

Bahaya makan jengkol utamanya bisa menyerang organ ginjal dan menyebabkan rasa nyeri saat buang air kecil hingga kencing berdarah. Kondisi ini biasa dikenal dengan sebutan 'kejengkolan'.

Dokter spesialis gizi klinis di RSIA Melinda Bandung Johanes Casay Chandrawinata mengatakan, risiko ini disebabkan oleh asam jengkolat yang mengkristal dan menghalangai saluran kencing.

"Jadi dia [jengkol] ada semacam zat, namanya asam jengkolat. Kalau masuk ke ginjal, mengkristal, efeknya kencing sakit, kalau di Sunda namanya jejengkoleun," kata Johanes saat dihubungi CNNIndonesia.com, beberapa waktu lalu.

Tak ada aturan pasti soal batas aman asupan jengkol. Menurut Johanes, ada beberapa kasus dimana mengonsumsi satu buah jengkol saja membuat kencing jadi bermasalah.

"Belum diketahui sebabnya apa, tapi memang setiap orang beda. Ada yang makan satu jengkol sudah sakit, ada yang makan banyak tetap bugar," katanya.

Hal yang pasti adalah jengkol bukan salah satu makanan yang direkomendasikan ahli gizi. Kata Johanes, alih-alih efek baiknya, efek buruk jengkol justru lebih banyak.

Sebuah penelitian yang dilakukan beberapa waktu lalu, kata Johanes, menemukan bahwa jengkol bisa menyebabkan beberapa organ tubuh membengkak. Penelitian ini dilakukan pada tikus yang diberi asupan jengkol.

Selama beberapa waktu, tikus tersebut mengalami pembengkakan di beberapa organ dalam seperti jantung, hati, pankreas, hingga penyumbatan ginjal.

Efek toksik dari asam jengkolat ini memang cukup berbahaya, sehingga perlu mengurangi atau bahkan menghindari konsumsi jengkol.

"Kalau sudah sakit, terutama masalah sakit kencing hingga berdarah, ini jalan satu-satunya lakukan pembedahan, diambil kristalnya. Maka lebih baik hindari makan jengkol demi kesehatan tubuh," kata dia.

Hindari asupan berlebih untuk melindungi diri dari bahaya makan jengkol. Segera setop asupan jengkol jika Anda mulai mengalami nyeri saat buang air kecil. **

#Serba Serbi

Index

Berita Lainnya

Index