Pesawat Rusia Jatuh di Mali

Pesawat Rusia Jatuh di Mali
Ilustrasi: Pesawat jatuh

GLOBALKEPRI.COM.JAKARTA- Sebuah pesawat yang dikirim Rusia ke angkatan bersenjata Mali jatuh di dekat kota Gao. Akibatnya, pilot pesawat tersebut tewas.

Dilansir AFP, Rabu (5/10/2022), dalam sebuah video menunjukan pesawat terjun dengan kecepatan tinggi sebelum menabrak gumpalan asap.

Dalam sebuah pernyataan singkat di media sosial, militer Rusia mengkonfirmasi sebuah pesawat telah jatuh di dekat bandara Gao sekitar pukul 09:30 waktu setempat "dalam perjalanan kembali dari misi untuk mendukung penduduk sipil".

Pesawat itu merupakan Sukhoi Su-25. Namun, pejabat militer sebelumnya mengidentifikasi pesawat tersebut yakni Albatros, model buatan Cekoslowakia era Soviet.

Baik Sukhoi Su-25 ataupun Albatros, keduanya termasuk di antara pesawat yang dikirim Rusia ke tentara Mali pada bulan Agustus.

Pejabat yang bicara dengan syarat anonim menyebut pesawat itu adalah salah satu 'akuisisi baru' tentara Mali.

Diketahui, Junta penguasa Mali, yang merebut kekuasaan pada Agustus 2020, telah berpaling dari sekutu tradisional Mali, yakni Prancis, menuju Rusia.

Dukungan Kremlin yakni berupa operasi darat. Termasuk dukungan peralatan tempur seperti helikopter dan pesawat tempur. **

#Internasional

Index

Berita Lainnya

Index