PM Malaysia Bubarkan Parlemen, Gelar Pemilu Setahun Lebih Cepat

PM Malaysia Bubarkan Parlemen, Gelar Pemilu Setahun Lebih Cepat
Perdana Menteri Ismail Sabri Yaakob

GLOBALKEPRI.COM. JAKARTA - Perdana Menteri Ismail Sabri Yaakob mengumumkan pembubaran parlemen Malaysia pada Senin (10/10/2022), membuka jalan bagi pemilihan umum dalam waktu dekat, lebih cepat satu tahun dari jadwal sebelumnya.

Reuters melaporkan bahwa Ismail mengumumkan pembubaran parlemen ini melalui pernyataan resmi yang disiarkan di saluran televisi nasional.

Berdasarkan aturan di Negeri Jiran, pemilihan umum harus langsung digelar dalam kurun 60 hari setelah parlemen dibubarkan.

Ismail mengatakan bahwa detail tanggal pemilu akan diumumkan oleh komisi pemilihan umum dalam waktu dekat.

Malaysia sendiri seharusnya tak menggelar pemilu hingga September 2023. Meski demikian, tekanan terhadap pemerintahan Ismail belakangan ini semakin kuat.

Tekanan ini tak hanya datang dari luar, tapi juga dalam aliansi pemerintahannya sendiri. Sejumlah kubu menganggap Malaysia membutuhkan pemimpin dengan dukungan lebih kuat di tengah perpecahan internal.

Pemilu kali ini digelar di tengah berbagai masalah, mulai dari pemulihan finansial pasca-pandemi Covid-19 hingga perlambatan ekonomi global.

Jika digelar dalam waktu dekat, maka pemilu ini bakal diadakan saat musim banjir menerjang Malaysia. Dengan demikian, jumlah warga yang ikut dalam pesta demokrasi itu kemungkinan bakal berkurang.

Beberapa waktu belakangan, anggota parlemen dari partai berkuasa dan oposisi sebenarnya sudah mengingatkan agar tak menggelar pemilu di musim hujan.

Namun, Ismail tetap mengumumkan pembubaran parlemen di tengah tekanan berbagai pihak.

#Internasional

Index

Berita Lainnya

Index