Ada Upaya Pembunuhan Terhadap Putin Jika Hadir pada KTT G-20

Ada Upaya Pembunuhan Terhadap Putin Jika Hadir pada KTT G-20
Presiden Rusia, Vladimir Putin

GLOBALKEPRI.COM.JAKARTA- Mantan penasihat kepresidenan Rusia, Sergey Markov, mengatakan bahwa Presiden Vladimir Putin tak hadir di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali karena ada upaya pembunuhan terhadap sang presiden.

"Alasan mengapa Putin tidak hadir ke G20 serius. Kemungkinan besar ada upaya pembunuhan terhadap Putin dari pasukan khusus AS, Inggris, dan Ukraina," kata Markov, seperti dikutip The Independent, Kamis (10/11).

Markov mengungkap kemungkinan ini tak lama setelah juru bicara Kedubes Rusia di Jakarta, Alexander Tumayakin, mengonfirmasi bahwa Putin tak akan hadir secara langsung di KTT G20.

"Saya bisa mengonfirmasi bahwa Ketua Delegasi Rusia yang bakal hadir di pertemuan G20 adalah Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov," kata Juru Bicara Kedubes Rusia di Jakarta Alexander Tumayakin.

Sementara itu, Kepala Protokol Kedubes Rusia Yulia Tomskaya menyatakan Putin kemungkinan bakal hadir secara daring.

"Agenda Presiden Putin masih dibicarakan, dia mungkin berpartisipasi secara virtual," ujar Tomskaya, seperti dikutip AFP.

Tak lama setelah kabar itu tersebar, salah satu media Rusia, General SVR, juga menyebut risiko pembunuhan terhadap Putin meningkat apabila hadir secara langsung di KTT G20.

"Risiko [Putin] menjadi target pembunuhan meningkat secara signifikan," demikian pemberitaan General SVR, Kamis (10/11).

Selain itu, General SVR juga mengungkap bahwa Putin menerima laporan yang menyatakan bahwa sejumlah pemimpin negara di KTT G20 ingin menampar wajah orang nomor satu di Rusia itu dalam pertemuan pribadi.

Menurut General SVR, sikap itu menunjukkan pemimpin tersebut seorang penjahat perang dan bajingan. Dia, katanya, menyampaikan rencana itu ke sekutu dekat dan siap langsung menemui Putin.

Menurut beberapa sumber, informasi yang diberikan kepada Putin jelas sesuai dengan kenyataan, niat, dan rencana dia.

General SVR tak mengungkap sosok yang dimaksud.

Sementara itu, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak sempat menuturkan ingin "melabrak" Putin di G20 gegara invasi negaranya ke Ukraina.

Dalam pernyataan resmi pemerintah Inggris, Sunak mengatakan akan "mengonfrontasi" Putin atau delegasi Rusia yang hadir di forum ekonomi tersebut.

"Tentunya, Perdana Menteri berpandangan bahwa sudah semestinya secara kolektif dengan sekutu kami, kami melawan pejabat Rusia atau perwakilan Rusia yang hadir di G20," kata juru bicara Sunak pekan lalu, seperti dikutip The Telegraph. **

#Internasional

Index

Berita Lainnya

Index