Mahasiswa Indonesia Juara 1 Ajang International Student Festival 2022 Korea University

Mahasiswa Indonesia Juara 1 Ajang International Student Festival 2022 Korea University
Mahasiswa Indonesia menjadi Juara 1 dalam kategori Overall First Place (Booth, Food, Hospitality, Performance) dari total peserta 21 negara dalam kegiatan International Student Festival 2022 yang diselenggarakan oleh Korea University, khususnya Korea Univ

GLOBALKEPRI.COM. SEOUL - Apresiasi dan pujian mengalir dari masyarakat internasional terhadap mahasiswa Indonesia yang menjadi peserta dalam kegiatan International Student Festival 2022 yang diselenggarakan oleh Korea University, khususnya Korea University Buddy Assistance Program, di Minju Square, Seoul Campus pada Kamis (10/11/2022).

Hal ini karena Indonesia menjadi Juara I dalam kategori Overall First Place (Booth, Food, Hospitality, Performance) dari total peserta 21 negara, mengungguli Prancis yang menjadi Juara II dan Jerman di posisi 3.

"Saya sampaikan apresiasi untuk adik-adik IISMA awardee di Korea University atas prestasi yang luar biasa ini. Jadilah duta bangsa yang membanggakan kita semua. Kenalkan Indonesia dan generasi mudanya yang hebat dan bersahabat ke teman-teman baru kalian di seluruh dunia," ucap Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Nizam, demikian dikutip siaran pers Kemendikbudristek, Jumat (18/11/2022).

Selain itu, ucapan selamat juga disampaikan Plt Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Sri Gunani Partiwi, yang baru saja mengunjungi mahasiswa IISMA di Korea University kepada para mahasiswa IISMA yang telah dengan luar biasanya memberikan kebanggaan bagi Indonesia.

Menurutnya, prestasi yang diraih oleh awardee IISMA ini merupakan bukti Indonesia mampu tampil di kancah global dan generasi ini nanti akan membawa Indonesia Maju, Indonesia Emas. "Teruslah memupuk semangat menjadi yang terbaik dengan sportivitas, kegotongroyongan, dan integritas yang tinggi. Tularkan nilai-nilai tersebut untuk untuk teman-teman selepas adik-adik kembali ke Tanah Air sehingga aura positif adik-adik terus meluas dan menjadi berkah bagi banyak pihak. Terima kasih atas prestasi yang telah diukir untuk bangsa," tuturnya.

Kepala Program IISMA, Rachmat Sriwijaya, merasa bangga dan berterimakasih kepada para mahasiswa IISMA di Korea University atas upaya mereka yang luar biasa sehingga berbuah apresiasi internasional terbaik untuk Indonesia sebagai Juara I dalam ajang internasional tersebut. "Awardee program IISMA dipersiapkan untuk tidak hanya fokus pada pengembangan kemampuan akademik saja, namun juga pada promosi budaya Indonesia di tingkat global," ucap Rachmat.

International Student Festival 2022 ini diselenggarkan untuk merayakan keberagaman mahasiswa internasional Korea University dengan memberikan setiap negara sebuah stan di tengah kampus untuk menampilkan budaya negara mereka. Indonesia menjadi stan dengan peserta terbanyak yaitu 50 mahasiswa IISMA plus tambahan mahasiswa Indonesia pertukaran maupun reguler lainnya. Stan mahasiswa Indonesia dinilai paling baik dan kreatif.

Di festival ini, pengunjung dapat merasakan kehangatan para mahasiswa Indonesia--yang berpakaian tradisional--ketika mereka datang dan mendengar penjelasan tentang kebudayaan Indonesia, mencicipi makanan Indonesia yang luar biasa enak, melihat penampilan seni kreatif yang dipersiapkan sedemikian rupa, serta kesempatan memenangkan hadiah berupa barang tradisional Indonesia seperti dompet batik, pembatas buku wayang, dan tas batik. Di stan terdapat juga pajangan seperti angklung, wayang, dan ondel-ondel, sumbangan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Seoul.

Puncak acara ada di pentas tari yang dilakukan oleh 8 mahasiswa Indonesia. Tarian dimulai dengan pertunjukkan baju adat Indonesia yakni kebaya yang dikenakan oleh para penari, dilanjutkan dengan campuran tarian tradisional yang mengadopsi Tari Kebyok Anting-anting dari Jawa Tengah.

Tarian Poco-poco juga ditampilkan sebagai tarian terakhir di mana seluruh mahasiswa Indonesia mengajak para pengunjung untuk turut menari di sekitar panggung. Tarian ini mendapatkan penghargaan sebagai pentas terbaik dari seluruh pentas negara lain. Para mahasiswa merasa bangga dan bersyukur dapat menunjukan dan memamerkan keindahan budaya Indonesia di ajang internasional.

Pengalaman mempersiapkan acara ini sangat membekas di benak mahasiswa Indonesia. Semua orang bahu-membahu tanpa lelah. Dengan sangat bersemangat, semua mahasiswa mengambil peran tanpa terkecuali. Ada yang sibuk mengatur seluruh alur administratif, merencanakan keuangan, memasak sampai pukul tiga dini hari, membeli bahan makanan sampai ke luar kota yang jaraknya sekitar dua jam dari Seoul, bangun pagi untuk mengangkut seluruh kebutuhan properti, menjadi tim dokumentasi dan aktif mengunggah ke media sosial. Semua mahasiswa bekerja keras dan antusias.

#Internasional

Index

Berita Lainnya

Index