Anwar Ibrahim Unggul di Perhitungan Cepat Pemilu Malaysia

Anwar Ibrahim Unggul di Perhitungan Cepat Pemilu Malaysia
Anwar Ibrahim

GLOBALKEPRI.COM.JAKARTA- Politikus Malaysia Anwar Ibrahim mengklaim bahwa Pakatan Harapan memiliki cukup kursi untuk membentuk pemerintahan berikutnya karena unggul dalam Pemilu Malaysia. Namun, Anwar enggan mengungkapkan siapa yang akan diajak bekerja sama oleh Pakatan.

"Kami, Pakatan, telah membentuk blok terbesar di parlemen dengan Muda dan kami juga harus mengakui fakta bahwa tidak ada partai yang memperoleh mayoritas sederhana," kata Anwar Ibrahim seperti dilansir The Star, Minggu (20/11/2022)

"Oleh karena itu kami telah melakukan serangkaian pertemuan dan negosiasi dan sebagai hasilnya, saya ingin memberi tahu Anda bahwa sebagai blok mayoritas, kami telah berhasil mendapatkan dukungan dari anggota parlemen untuk membentuk pemerintahan dengan mayoritas sederhana," ujarnya.

Berdasarkan hitung cepat yang dilaporkan The Star, Pakatan Harapan memperoleh 81 kursi parlemen dari 220. Sementara rivalnya, Perikatan Nasional yang diinisiasi mantan PM Malaysia Muhyiddin Yassin memperoleh 73 kursi.

"Semua dokumen sudah kami siapkan," kata Anwar dalam jumpa pers.

"Saya hanya bisa berbicara atas nama Pakatan, tapi masalah selanjutnya yang berkaitan dengan pihak lain akan dilakukan setelah kami menyerahkan (surat) kepada Raja," kata Anwar.

Anwar menambahkan bahwa tidak tepat untuk mengungkapkan apakah partai Pakatan berpotensi membentuk aliansi dengan nasional atau dia mengirim surat kepada raja.

"Kami hanya akan dapat memberi tahu Anda ketika kami mendapatkan audiensi dengan Raja," kata Anwar.

Ia juga mengatakan Perikatan Nasional tidak mungkin bisa mendapatkan suara mayoritas. "Tidak bisa. Tidak mungkin mengklaim begitu, karena kami sudah menulisnya dan kami akan menginformasikannya ke istana," tambah Anwar. **

#Politik

Index

Berita Lainnya

Index