Pemilik LV Bernard Arnault Jadi Orang Terkaya di Dunia

Pemilik LV Bernard Arnault Jadi Orang Terkaya di Dunia
Bernard Arnault. (net)

GLOBALKEPRI.COM.JAKARTA- Posisi orang terkaya di dunia saat ini sudah tidak diduduki lagi oleh Elon Musk. Posisinya baru saja disalip oleh pemilik brand fashion mewah Louis Vuitton (LVMH), Bernard Arnault.

Melansir dari Forbes Real Time Billionaires, Minggu (23/7/2023), saat ini harta kekayaan Bernard Arnault tercatat sebesar US$ 237,3 miliar atau setara Rp 3.559,5 triliun (kurs Rp 15.000/dolar AS).

Sementara itu, saat ini harta kekayaan Elon Musk tercatat sebesar US$ 236,5 miliar atau sekitar Rp 3.547,5 triliun. Jumlah pundi-pundi Musk ini Rp 12 triliun lebih rendah dari total harta kekayaan yang dimiliki Bernard saat ini.

Berdasarkan laporan dari situs media Fortune, bos LV ini berhasil menyalip Musk usai harga saham Tesla terus mengalami penurunan hingga 9,7%. Akibatnya Musk terpaksa harus kehilangan US$ 20,3 miliar hartanya dan turun satu peringkat sebagai orang terkaya di dunia.

Kembali jadi orang paling tajir di bumi, seperti apa sih sosok dari Bernard Arnault ini?

Lahir di Roubaix di utara Perancis pada tahun 1949, Bernard Arnault lulus dari sekolah teknik bergengsi di Paris, École Polytechnique. Dia memulai karirnya di perusahaan konstruksi milik keluarga, Ferret-Savinel dan menjadi ketua pada tahun 1978 setelah promosi berturut-turut.

Enam tahun kemudian, dia mendapat kabar bahwa pemerintah Prancis sedang mencari investor baru untuk mengambil alih Boussac Saint-Freres. Grup tekstil yang bangkrut memiliki aset utama Christian Dior, yaitu rumah mode Prancis yang terkenal.

Arnault membelinya, mengembalikannya ke profitabilitas dan memulai strategi untuk mengembangkan perusahaan barang mewah terkemuka dunia.

"Dalam prosesnya, dia menghidupkan kembali Christian Dior sebagai landasan organisasi baru," menurut biografi di situs web LVMH.

Arnault membeli saham pengendali di LVMH pada tahun 1989, dua tahun setelah grup tersebut dibentuk oleh penggabungan Louis Vuitton dan Moët Hennessy. Dia telah menjadi ketua dan CEO perusahaan sejak saat itu.

Meskipun namanya sendiri mungkin tidak langsung dikenali oleh banyak orang, merek-merek yang telah dikembangkan oleh Arnault, dari Christian Dior hingga Dom Pérignon, telah dikenal masyarakat

Dalam tiga dekade terakhir Arnault mengubah LVMH menjadi pusat kekuatan barang mewah dengan 75 label. Ia menjual anggur, minuman keras, fesyen, barang kulit, parfum, kosmetik, jam tangan, perhiasan, perjalanan mewah, dan menginap di hotel.

Dia membuka toko Louis Vuitton pertama di China di Beijing pada tahun 1992. Pada Januari 2021, grup ini menyelesaikan pengambilalihan perhiasan ikonik AS Tiffany & Co senilai US$ 15,8 miliar, menjadikannya akuisisi terbesar industri mewah yang pernah ada.

Upaya filantropi Arnault dilakukan terutama melalui LVMH, yang memfokuskan perlindungannya pada seni dan budaya. Pada 2019, grup tersebut menyumbangkan 200 juta euro (US$ 212 juta) untuk membangun kembali Notre Dame setelah insiden kebakaran.

Arnault telah lama memegang gelar orang terkaya di Eropa, tetapi pria berusia 73 tahun itu memiliki profil yang jauh lebih rendah daripada Musk dan tidak aktif secara pribadi di platform media sosial utama mana pun. (detikcom)

#Internasional

Index

Berita Lainnya

Index