Pekerja Sukarelawan Spanyol Tewas Dalam Serangan Rudal di Ukraina

Pekerja Sukarelawan Spanyol Tewas Dalam Serangan Rudal di Ukraina
Ilustrasi roket di Ukraina (Foto: AP Photo/Libkos, File)

GLOBALKEPRI.COM.JAKARTA - Seorang pekerja sukarelawan asal Spanyol tewas di Ukraina. Pekerja tersebut tewas usai sebuah rudal menghantam kendaraan yang ia tumpangi.

"Sebuah proyektil jatuh mengenai kendaraan yang ditumpangi warga Spanyol ini. Dia bekerja di sebuah LSM yang membantu situasi kemanusiaan di Ukraina dan kami memiliki konfirmasi lisan atas kematiannya," kata Menteri Luar Negeri Spanyol, Jose Manuel Albares, kepada wartawan pada KTT G20 di India, dilansir AFP, Minggu (10/9/2023).

Albares tidak memberikan informasi lebih lanjut terkait identitas pekerja tersebut. Namun media Spanyol mengidentifikasi wanita tersebut sebagai Emma Igual, Direktur Road to Relief, 32 tahun, sebuah organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk mengevakuasi warga sipil dari garis depan di Ukraina.

LSM tersebut mengatakan di dalam sebuah postingan di akun Instagram-nya, seorang pekerja bantuan Kanada juga tewas dan dua lainnya terluka ketika kendaraan mereka "diserang Rusia" di Chasiv Yar di Ukraina timur pada Sabtu pagi.

"Dalam tabrakan langsung, kendaraan terbalik dan terbakar," katanya.

Seorang pekerja bantuan asal Jerman dan Swedia "terluka parah akibat pecahan peluru dan luka bakar, namun kini berada dalam kondisi stabil di rumah sakit terpisah yang jauh dari lokasi kejadian," tambahnya dalam postingan yang diterbitkan pada hari Sabtu.

Saat itu, LSM tersebut mengatakan nasib Igual belum diketahui.

Para pekerja bantuan telah berangkat dari Slovyansk dan diantar ke Bakhmut untuk menilai kebutuhan warga sipil yang "terjebak dalam baku tembak" di kota Ivanivske.

 

#Internasional

Index

Berita Lainnya

Index