Bangkitkan Event Sport Tourism, Tour de Batam akan Jajal Rute Barelang

Bangkitkan Event Sport Tourism, Tour de Batam akan Jajal Rute Barelang
agelaran Event Sport Tourism Tour de Batam yang diikuti 718 peserta dari 32 negara akan membangkitkan kunjungan pariwisata di Kota Batam (Foto: Aldy)

GLOBALKEPRI.COM.BATAM - Pagelaran Event Sport Tourism Tour de Batam yang diikuti 718 peserta dari 32 negara akan membangkitkan kunjungan pariwisata di Kota Batam.

Ajang balap sepeda internasional Tour de Batam yang berlangsung mulai tanggal 22-24 September 2023 mendatang.

Ajang ini merupakan perdana digelar di Batam, selain itu perhelatan ini juga sebagai kualifikasi untuk Kejuaraan Dunia UCI Gran Fondo 2024 berlangsung di Aalborg, Denmark antara 29 Agustus dan 1 September 2024.

"Hari ini, redadalah puncaknya, bersepeda di Nongsa,. Kemudian dilanjutkan dengan rute menuju Jembatan Barelang (23/9). Pesepeda akan menjajal rute menuju ikon kota Batam tersebut," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata, Jumat (22/9/23).

Ardi menjelaskan, pada hari pertama (hari ini), peserta akan menempuh jarak tempuh 15 km. Selanjutnya rute pesepeda dengan rute Barelang dengan jarak tempuh pesepeda putra 149 km, dan putri 129 km.

Hari terakhir pesepeda harus menyelesaikan 104 dan 52 km dengan rute yang berbeda.

Dalam tour de Batam ini, pesepeda akan menikmati pemandangan indah sepanjang rute. Batam memiliki pemandangan laut yang indah, sehingga bisa memberikan semangat pesepeda yang ikut dalam event sport tourism ini.

Ia mengungkapkan terlaksananya event sport tourism Tour de Batam ini adalah upaya dalam mendongkrak jumlah kunjungan wisman ke Batam.

"Kondisi Batam saat ini aman bagi wisman untuk dikunjungi. Sehingga sangat terbuka dengan berbagai event, mulai dari wisatawan lokal, maupun wisman," ucapnya.

"Kenyamanan wisman di Batam dijamin, sehingga aman untuk berbagai event, dan menjadi tuan rumah bagi acara atau kegiatan, " sambungnya.

Dengan adanya kegiatan Tour de Batam ini Kata Ardi, akan memberikan beragam efek bagi sektor pariwisata, diantaranya pelayaran internasional di Kota Batam ditambah jelang Tour de Batam.

Menurutnya kegiatan kepariwisataan adalah cara cepat untuk mendatangkan wisatawan mancanegara (wisman) dan meningkatkan lenght of stay (lama tinggal wisatawan).

"Tour de Batam pertama kali di Batam, semoga rutin digelar setiap tahun sehingga Batam semakin dikenal di kancah internasional," ujarnya.

Ardi mengimbau masyarakat Kota Batam untuk menonton event ini dan ikut memberikan semangat bagi peserta, karena ini adalah satu event atau pertunjukan yang menarik juga hiburan bagi masyarakat.

"Kita sangat terbuka untuk berbagai event. Jadi mari kita dukung kesuksesan event ini, dan ciptakan kondisi Batam yang kondusif," pungkas Ardiwinata.
 

#Olahraga

Index

Berita Lainnya

Index