Gerbang Depan RS Al-Shifa Gaza Diserang Israel, Jadi Zona Pertempuran

Gerbang Depan RS Al-Shifa Gaza Diserang Israel, Jadi Zona Pertempuran
Kondisi wilayah Gaza diserang pasukan Israel. (AP/Abed Khaled)

GLOBALKEPRI.COM.JAKARTA - Area sekitar Rumah Sakit Al-Shifa di Gaza, Palestina, diserang oleh pasukan Israel. Sekeliling Rumah Sakit Al-Shifa kini jadi zona pertempuran.

Dilansir Aljazeera, Sabtu (11/11/2023), juru bicara Kementerian Kesehatan Ashraf al-Qudra telah mengkonfirmasi bahwa gerbang depan rumah sakit tersebut telah diserang oleh pasukan Israel.

Tareq Abu Azzoum dari Aljazeera mengatakan pasukan Israel berusaha mencapai rumah sakit tersebut, yang menurut mereka digunakan oleh Hamas--sebuah klaim yang berulang kali ditolak oleh kelompok Palestina dan tim medis di Al-Shifa.

Abu Azzoum mengatakan pasukan Israel dan pejuang Palestina yang bergerak maju saling baku tembak di jantung Kota Gaza. "Bentrokan jelas terdengar di wilayah tengah kota," katanya dari Khan Younis di Gaza selatan.

"Rumah sakit hingga saat ini masih dibanjiri orang bahkan pasien, yang benar-benar kekurangan makanan dan perbekalan medis," katanya.

Direktur Rumah Sakit Al-Shifa, Muhammad Abu Salmiya, mengatakan pemboman yang terus berlanjut di sekitar fasilitas tersebut belum pernah terjadi sebelumnya.

"Ada perang melawan rumah sakit... ini belum pernah terjadi dalam perang mana pun. Tempat-tempat ini seharusnya aman. (Al-Shifa) menampung pasien, wanita, dan anak-anak," kata Abu Salmiya.

Tim medis telah berpindah departemen beberapa kali sejak kemarin, katanya, namun mereka telah dibom dua kali.

"Israel telah menghancurkan semua rumah sakit dan fasilitas kesehatan, mereka berusaha menghentikan layanannya," katanya. Israel ingin menghapus segala bentuk kehidupan di Gaza, tambahnya.

Abu Salmiya mengatakan staf medis rumah sakit telah memutuskan untuk menemani pasien sampai 'saat terakhir'. "Kami tidak akan pergi, karena kami tahu jika kami keluar dari rumah sakit, puluhan pasien akan meninggal," ujarnya.

Ahmed al-Makhalati, kepala unit luka bakar Al-Shifa, mengatakan roket dan rudal masih membombardir sekitar rumah sakit.

"Rasanya seperti kita berada di medan perang," katanya, seraya menambahkan bahwa pemboman tidak berhenti selama berhari-hari dan meningkat dalam beberapa jam terakhir.

"Di sekitar rumah sakit, terjadi lebih banyak kekerasan dan agresif," katanya. "Setiap orang yang tinggal di sini, mereka tahu betapa berbahayanya situasi ini."

Dalam hal pasokan medis dan tingkat perawatan, al-Makhalati mengatakan keadaannya adalah bencana. "Banyak pasien perang yang kehilangan nyawa karena tidak menerima perawatan yang mereka perlukan," katanya.

Dokter dan perawat kewalahan dan seringkali tidak dapat menggunakan perlengkapan dasar seperti perban pada semua orang, tambahnya. "Kami memiliki lebih dari 1.000 pasien yang memerlukan penggantian perban setiap hari, dan hal ini tidak mungkin dilakukan."(detik.com)

 

#Internasional

Index

Berita Lainnya

Index