Kelompok Houthi Yaman Ancam Serang Kapal Israel di Laut Merah

Kelompok Houthi Yaman Ancam Serang Kapal Israel di Laut Merah
Foto: serangan Israel di Gaza (Reuters/Mohammed Salem)

GLOBALKEPRI.COM.GAZA - Kelompok Houthi di Yaman memberikan ancaman kepada Israel buntut perang dengan Hamas di Jalur Gaza. Mereka mengancam akan menargetkan kapal-kapal Israel di Laut Merah.

Dilansir AFP, Rabu (15/11/2023), Pemimpin Houthi, Abdul-Malik al-Huthi, mengatakan kelompok yang didukung Iran sedang memantau kapal-kapal Israel di perairan yang penting secara komersial. Dia juga memastikan pihaknya memeriksa kapal-kapal yang tidak memiliki bendera Israel.

"Mata kami terbuka untuk terus memantau dan mencari kapal Israel," katanya dalam pidato yang disiarkan oleh stasiun TV Al-Masirah.

Dia mengatakan Israel memang menggunakan taktik kamuflase di Laut Merah. Menurutnya, mereka juga mematikan alat identifikasi kapal.

"Musuh mengandalkan kamuflase dalam pergerakannya di Laut Merah, khususnya di Bab al-Mandab (selat), dan tidak berani mengibarkan bendera Israel di kapalnya dan mematikan alat identifikasi," ucapnya.

Namun demikian, Huthi menegaskan akan tetap mencari kapal-kapal Israel. Dia juga menekankan tidak akan ragu menyerang kapal-kapal tersebut.

"Kami akan mencari dan memverifikasi kapal miliknya, dan kami tidak akan ragu untuk mengincar mereka, dan membuat semua orang tahu bahwa dia takut," ujar dia.

"Rudal dan drone kami akan terus beroperasi," lanjutnya.

Sebagai informasi, Selat Bab al-Mandab adalah jalur sempit antara Yaman dan Djibouti di kaki Laut Merah, salah satu jalur pelayaran tersibuk di dunia yang membawa seperlima konsumsi minyak global.

Untuk diketahui, sejauh ini lebih dari 11.300 orang telah tewas dalam serangan yang dilakukan Israel di Gaza. Jumlah tersebut juga dikonfirmasi oleh pihak kementerian kesehatan yang dikelola Hamas di wilayah tersebut.

 

#Internasional

Index

Berita Lainnya

Index